Hujan Deras Disertai Petir, 30 Personel Tim Reaksi Cepat Siaga

MALANG KOTA – Hujan deras disertai petir melanda kawasan Malang Kota sore ini (21/4). Meski demikian, kejadian bencana ikutan seperti longsor maupun pohon tumbang masih nihil.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang J Hartono mengungkapkan, saat ini laporan yang masuk sebatas terjadinya genangan air di sejumlah jalan protokol. “Belum sampai banjir, hanya genangan di jalan-jalan mulai naik. Yang lain (longsor dan pohon tumbang) nihil,” terangnya. Saat ini, BPBD Kota Malang menyiagakan 30 personel tim reaksi cepat (TRC) di pos BPBD Sawojajar.

Hartono menjelaskan, setiap personel TRC merupakan satuan yang paling utama dan berada di garis terdepan dalam upaya penyelamatan masyarakat dalam situasi bencana. “Yang membedakan TRC dengan satuan lainya ialah terletak pada cara kinerjanya, TRC sendiri memiliki peran dan fungsi yang jauh lebih besar ketika bencana melanda,” tambahnya.

Mantan Kepala Bakesbangpol Kota Malang itu menilai dengan adanya personel yang dilatih khusus dalam menangani situasi bencana alam. Sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat ketika terjadi musibah alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, kebakaran. “Kesigapan TRC juga kami harapkan dapat mengurangi risiko terburuk seperti jatuhnya korban jiwa dalam situasi bencana,” tuturnya.


Untuk hotline pengaduan bencana, masyarakat Kota Malang dapat menghubungi telepon (0341) 714844 atau Twitter @Pusdalops_Mlg.

Pewarta: Nurlayla Ratri
Grafis: BPBD Kota Malang