Hujan Deras, Banjir 2 Meter Terjadi di Mangliawan

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang sepanjang sore sampai malam ini mengakibatkan sebagian wilayah terkena banjir.

PAKIS – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang sepanjang sore sampai malam ini mengakibatkan sebagian wilayah terkena banjir.

Salah satu yang cukup berdampak, terjadi di dusun Lowoksono dan Dusun Wendit Barat, Desa Mangliawan. Sampai berita ini ditulis, pukul 22.15 banjir masih terjadi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, juga masih melakukan pendataan.

Iriantoro, Kepala BPBD Kabupaten Malang mengatakan petugas BPBD, anggota Polsek dan Koramil Pakis, dibantu warga masih melakukan pendataan. “Masih belum kami ketahui yang berdampak, ini proses pendataan masih berlangsung,” kata dia.

Sebagian besar warga pun sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Jelas Iriantoro, banjir terjadi karena hujan lebat yang terjadi wilayah Pakis.

“Sampai saat ini (tadi malam) ketinggian banjir ada yang satu lutut sampai dengan 2 meter,” kata pria yang pernah menjabat Sekretaris Dewan ini. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. “Saat ini, perlahan banjit juga mulai surut, hujan hanya tinggal gerimis,” tukas Iriantoro.



Sementara, Bagyo Setyono Kepala Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang menambahkan, banjir terjadi karena hujan deras yang berlangsung sejak pukul 15.00 kemarin. “Akibatnya, sungai Bango meluap sehingga aliran sungai Wendit, dan aliran irigasi pakis tertahan,” kata dia. Banjirpun terjadi dengan cepat.

Proses penanggulangan dan evakuasi terhadap wilayah terdampak pun langsung dilakukan. Saat ini, lanjut dia, warga juga dibawa mengungsi ke tempat yang lebih aman, dan terus melakukan pemantauan terhadap tinggi air.

Dari pantauan sementara BPBD Kabupaten Malang, tidak ada korban jiwa dalam dari bencana ini. “Saat ini juga telah merencanakan untuk bantuan korban,” tukas Bagyo.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Deka Adrianto
Foto: BPBD Kabupaten Malang