Hotel Swiss-Bellin Bekali Skill Memasak Penghuni Lapas Wanita dan Beri Sertifikat

KOTA MALANG – 10 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA, Sukun, Kota Malang sangat beruntung hari ini. Pasalnya, mereka selain dibekali skill memasak dalam pelatihan kelas memasak kue dan pastry khas hotel, juga akan mendapat perhatian khusus dari Hotel Swiss-Belinn selaku perusahaan CSR yang menginisiasi kelas memasak ini.

Seperti penuturan Human Resource Manager Swiss Belinn, Sugeng Santoso berikut, Senin (5/8). “Kita akan beri mereka sertifikat setelah ini,” ujarnya.

Sugeng menjelaskan, sertifikat yang diberikan itu nantinya juga menjadi kompetensi khusus bagi WBP ketika melamar pekerjaan setelah masa tahanannya selesai. “Tandanya apa? Ya sertifikat ini kami berikan atas nama hotel kami jadi bukan hanya soft skill biar mereka bisa dapat pekerjaan nantinya,” tutur Sugeng.

Selain itu, agar pelatihan memasak ini tidak usai sampai hari ini. Ia berujar jika ada WBP yang ingin menekuni dunia memasak kue dan pastry, hotel Swiss-Bellin siap menampung mereka tanpa syarat. “Kami langsung latih biar juga mereka tidak hilang skillnya dan semakin mendalami keahlian memasak kue dan pastry ini,” tuturnya.

Bukan tanpa alasan, Sugeng mengatakan hal tersebut, sebab dirinya selalu percaya kalau WBP tidak ada pelatihan soft skill seperti contohnya memasak, mereka akan cenderung berbuat hal-hal yang melanggar hukum. “Ini memang concern kami kami ingin memberikan kesempatan bagi mereka. Mereka harus dikasih kesempatan biar bisa mandiri dan tak melakukan masa lalunya lagi,” tuturnya.



Menanggapi pertanyaan tersebut, salah satu WBP yang sibuk membikin adonan kulit lumpia berujar dirinya merasa bersyukur. Pasalnya, setelah keluar dari Lapas, ia berkeinginan untuk menggeluti bidang masak memasak kue.

“Saya pingin ya kalau memang ada pelatihan dari Swiss-Belinn saya bersyukur,” ujarnya.

Pelatihan masak yang diadakan hari ini melilputi kelas memasak kue dan pastry, kulit Martabak, kulit kebab, puding, ice cream, cupcake, muffin, cake tart, dessert, sampai fruit carving diajarkan ke mereka oleh Chef de Partie Hotel Swiss Bell, Heri Dwi Poerwanto.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Bob Bimantara Leander