Hot Issue, Jadi Kunci Keberhasilan Paper Calon Doktor FIA UB

KOTA MALANG – Hot issue atau isu terpanas harus jadi landasan mahasiswa S3 dalam menyusun disertasi. Acap kali calon doktor ini, sekadar membuat disertasi tanpa memikirkan implementasi dan kebermanfaatannya di kehidupan nyata.

Salah satu upaya Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggelar kuliah umum pada Senin (18/11) di Gedung E lantai 10. Dr Elvia R Shauki, pemateri dari University of South Australia mengisi kuliah tersebut.

Dihadapan 15 mahasiswa S3 Administrasi Bisnis, ia mememaparkan materi ‘Corporate Governance and Business Ethics’. Dimana mahasiswa S3 ketika menyusun disertasi harus sudah memikirkan bagaimana implementasi karyanya di kehidupan nyata.

“Dalam bisnis ada etika. Bagaimana berhubungan dengan relasi bisnis, stakeholder terkait, inilah yang harus diperhatikan. Sudah bukan saatnya hanya memikirkan tantangannya, tapi bagaimana memberi solusi dan inovasi dari permasalahan yang ada,” tegas Elvi.

Hal ini menurutnya dimulai dari penguasaan isu terkini atau terpanas. Ia mencontohkan, misalnya ada permasalaham akan sulitnya bank syariah menggaet nasabah. Jika hal ini terjadi, calon doktor yang berkualitas tak boleh sekadar memberi solusi secara akademis tapi juga secara nyata.

“Jangan sampai disertasi cuma jadi pajangan di perpustakaan. Kalau materinya bagus, olah data bagus, saya yakin solusinya bagus. Jangan egois memilih isu atas dasar suka, tapi harus dipertimbangkan, bagaimana implementasi dan manfaatnya?,” bebernya.

Ya, Sekretaris S3 Prodi Administrasi Bisnis, Cacik Rut Damayanti, S.Sos, M.Prof. Acc, DBA mrngatakan bahwa calon doktor tersebut harus memiliki output ilmiah yang banyak berkontribusi. Misalnya dalam sektor bisnis keluarga maupun perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

“Pada intinya, kalau S2 hanya menganalisis dan mengusulkan solusi. Namun S3 harus punya output karya ilmiah yang bukan sekadar usulan lagi, bisa diwujudkan secara nyata,” tuturnya.

Sebagai informasi, kuliah tamu ini merupakan rangkaian three in one program FIA UB. Untuk S3 dilaksanakan mulai Sabtu (16/11) hingga Rabu (20/11). Selain dosen luar negeri, dalam program ini, mahasiswa juga akan diajar dosen internal dan praktisi. Sepenuhnya program ini dibiayai pihak UB.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia