Hore… Tol Malang-Pandaan Gratis 30 Hari hingga 12 Juni, Ada Rest Area Daruat

Tol Malang-Pandaan bakal dilengkapi rest area darurat

MALANG – Kabar gembira bagi para pemudik yang nantinya berencana melewati tol Malang-Pandaan (Mapan). Pasalnya, selain digratiskannya tol Mapan oleh Presiden Jokow Widodo lewat persetujuan Menteri BUMN, Rini Soemarno hingga Lebaran 2019, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) mengaku juga sudah menyiapkan rest area tambahan di ruas seksi tol I sampai III untuk antisipasi ramainya kendaraan masuk selama pra Lebaran dan pasca Lebaran 2019 ini.

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengaku sudah menyetujui program gratis yang diwacanakan Presiden RI, Joko Widodo ini. Tol Mapan seksi I-III dipastikan bakal dibuka besok. Program tol gratis sekaligus upaya sosialisasi tol Mapan ini bakal berlangsung selama 30 hari ke depan.

“Program sosialisasi ini akan berlangsung sampai 30 hari ke depan. Akan kita free-kan mulai besok pukul 07.00 pagi,” tandas Rini. Program gratis ini disebut Rini berlaku sampai tanggal 12 Juni 2019 mendatang atau beberapa hari pasca hari H lebaran.

Sementara itu, PT JPM selaku pengelola mengaku sudah menyiapkan rambu-rambu tambahan berupa lampu lalu lintas, juga ditambah dengan dua rest area yang bersifat sementara dalam menyambut lebaran kali ini. “Iya nantinya akan ada dua rest area di seksi I-III ini. Tapi sifatnya temporary,” ujar Direktur Teknik PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Siswantono.

Fasilitas rest area sementara ini dibuat guna antisipasi ramainya pemudik. Di rest area ini akan terdapat area parkir, tempat salat, toilet, hingga tempat pengisian bahan bakar portable. “Rest area ini memang keharusan dalam tol. Tapi untuk tempat pengisian bahan bakar masih kita adakan yang portable,” tambahnya.

Seksi I hingga III dari Pandaan menuju Singosari ini bakal ditambah dengan rest area yang rencananya berada di kilometer 66 dan 84. Hampir dekat dengan titik keluar jalan tol seksi III Karanglo, Singosari, yang masuk di km 88.

“Kita sudah lakukan uji laik fungsi untuk persiapan. Mulai dari rambu, marka, kelengkapan lalu lintas dan yang sebagainya,” tandas Siswantono. Lainnya mencakup peralatan tol, gerbang tol, rambu-rambu, sistem pembayaran, hingga kesiapan transaksi juga sudah dilakukan uji kelayakan oleh PT JPM selaku pengelola.

Sekadar info, Presiden RI, Joko Widodo hari ini, (13/5) sudah meresmikan ruas jalur tol Mapan seksi I-III. Besok, tol Mapan dipastikan sudah bisa dilewati. Untuk diketahui, perjalanan dari Pandaan menuju Singosari sebelum beroperasinya jalan tol ini memakan waktu 45 menit hingga 60 menit dalam kondisi normal. Kini, dengan adanya Tol yang memakan biaya hingga Rp 5,97 triliun ini mampu memangkas waktu perjalanan tersebut hingga hanya membutuhkan waktu perjalanan selama 20 hingga 30 menit perjalanan saja.

Pengguna jalan tol Pandaan-Malang juga bakal disuguhi pemandangan mengagumkan di seksi 2 dan seksi 3. Pemandangan gunung besar seperti Gunung Arjuno, Gunung Kawi dan Gunung Bromo – Semeru ditambah area persawahan di sekitar jalan tol bakal memanjakan pengendara yang melintas.

Dalam acara peresmian siang tadi, turut hadir mendampingi Presiden, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Malang Sutiaji, dan Wakil Bupati Malang Sanusi, serta Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting; Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido