Hore, RSUD Kota Malang Kini Dilengkapi Poli Paru

Dokter spesialis paru RSUD Kota Malang, dr Siti Juhariyah Sp P

MALANG KOTA – Warga Kota Malang khususnya wilayah selatan tak perlu lagi bingung untuk mencari rumah sakit yang menyediakan fasilitas poli paru. Pasalnya, RSUD Kota Malang yang berlokasi di Jalan Rajasa No 27 baru membuka poli paru. Tepatnya sejak 16 April lalu.

Dokter spesialis paru RSUD Kota Malang, dr Siti Juhariyah Sp P mengatakan, poli paru ini menunjang program kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Pemkot Malang. “Hadirnya poli ini memang sudah ditunggu dan harus ada di RSUD ini,” ucapnya, kepada radarmalang.id.

Meski baru tiga minggu beroperasi, poli paru ini sudah mendapat pasien dengan beragam keluhan. Mulai asma, tuberkulosis (TB), hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). “Bahkan ada satu pasien yang sudah terdiagnosis kanker paru,” ungkap dr Siti.

Meskipun fasilitas kesehatan paru di Kota Malang sudah lebih baik, namun dr Siti tetap menghimbau agar warga Kota Malang berhenti merokok. Sebab, seluruh akar dari timbulnya penyakit paru didominasi oleh rokok. Dimana berdampak pada perokok aktif maupun pasif.

“Paru banyak berhubungan dengan rokok. Supaya paru sehar, setiap orang harus berhenti merokok. Bukan hanya mengurangi. Contohnya asma. Meski pada asma terdapat faktor keturunan, tapi pencetusnya karena rokok,” jelas dr Siti.

Selain itu, bagi masyarakat Kota Malang yang mengalami gejala batuk berlebih hingga sesak, ia menyarankan untuk segera berobat di poli terdekat. “Bagaimanapun menemukan penyakit sejak dini, lebih gampang untuk diobati dan kembali sempurna daripada yang sudah parah penyakitnya” terang dr Siti.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Feni Yusnia