Hore… Lebaran Nanti Sudah Bisa Lewat Tol Malang-Pandaan

Suasana acara Seminar tentang Tol Malang-Pandaan di Hotel UB

KOTA MALANG – Tol Malang-Pandaan (Mapan) rencananya bakal beroperasi di Bulan Mei 2019. Namun di antara 5 seksi progres konstruksi, realisasi seksi V yang mencakup wilayah Pakis-Malang masih melaju pada angka 35,451 persen. Sehingga belum ada kepastian apakah saat lebaran nanti pintu exit tol Pakis sudah bisa digunakan.

Jika seksi V ini tidak segera dirampungkan, maka ada kemungkinan terjadi penumpukan kendaraan yang masuk ke Malang melalui pintu Exit Tol Singosari. Hal ini disampaikan oleh Dikektur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang, Agus Purnomo dalam One Day Seminar Jawa Pos Radar Malang hari ini (23/4) di Guest House UB. Ia menerangkan beberapa penyebab terkendalanya progres konstruksi seksi V.

“Masih diusahakan lebaran nanti agar seksi V bisa segera diselesaikan, sehingga kendaraan yang masuk ke Malang nantinya bisa lewat pintu Pakis. Ada beberapa kendala yang menghambat pembangunan seksi ini yakni karena ditemukannya situs sekaran dan permasalahan pembebasan lahan di Kelurahan Madyopuro,” tegasnya.

Situs Sekaran membuat proyek Tol Mapan harus merubah alignment. Sebab Balai Perlindungan Cagar Budaya Jawa Timur telah memutuskan bahwa situs ini harus dilestarikan. Maka dari itu dari hasil rapat pada tanggal 15 April 2019, dan kesepakatan dengan BPJT, disepakati pergeseran center line sejauh 17 meter ke arah Sungai Amprong.

Masalah kedua karena ada 61 bidang lahan warga Kelurahan Madyopuro Kota Malang yang tidak menerima putusan pengadilan. Di antaranya 50 bidang sudah dititipkan UGR-nya pada Pengadilan Negeri (PN) Kota Malang dan menunggu eksekusi. Kemudian 5 bidang masih dalam proses delegasi, 4 bidang masih dalam penyelesaian sengketan, dan 2 bidang dicabut gugatannya.



“Jadi hingga saat ini banyak lahan pada seksi V yang masih belum bisa dikonstruksikan. Yang pasti saat Lebaran nanti seksi I, II, III, dan IV sudah bisa digunakan,” sambungnya.

Perlu diketahui, progress konstruksi baru mencapai 100 persen pada seksi I dan III. Seksi I yakni Pandaan-Purwodadi, dan seksi III Lawang-Singosari. Sedangkan seksi II meliputi Purwodadi-Lawang hampir selesai dengan progres 99,83 persen. Menyusul seksi IV yakni wilayah Singosari-Pakis yang progresnya melaju di angka 77,89 persen.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu