Hoax Makanan Kaleng Berisi Daging Manusia

’’Sangat mengerikan, daging kaleng dari Tiongkok ini ternyata berasal dari daging manusia. Bantu sebarkan ini biar semuanya tahu,’’ tulis si pembuat kabar. Informasi sesat tersebut juga dilengkapi foto yang mendukung. Yakni, daging tanpa kulit berbentuk manusia utuh yang telentang di atas meja.

Ada pula gambar tangan manusia tanpa kulit yang sudah dikemas dengan styrofoam dan disertai tutup plastik transparan sehingga tembus pandang. Di antara daging-daging itu, tampak dua pria bermasker yang sedang bekerja.

Foto tersebut sebenarnya bukan rekayasa digital, tapi juga bukan gambar pengolahan daging manusia untuk dikemas menjadi makanan kaleng. Gambar itu merupakan foto pasar yang dirancang untuk mempromosikan rilis video game Resident Evil 6.

Sejatinya, daging-daging tersebut berasal dari sapi dan ayam, tapi dibentuk menyerupai tubuh manusia. Lokasinya di pasar daging Smithfield di London. Toko daging dibuat untuk adegan akhir dalam permainan Resident Evil 6. Masih berselera makan daging manusia…eh … kaleng?




(eko/gun/c18/fat)