Hoaks! Foto di Australia kok Dipakai Untuk #Salam2Periode

Hoaks! Foto di Australia kok Dipakai Untuk #Salam2Periode - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, JAKARTA – Entah termasuk kelompok pendukung Joko Widodo alias Jokowi dengan Salam2Periode-nya atau bukan, akun Facebook Eko Supriadi (fb.com/eko.supriadi.967) tiba-tiba jadi sorotan. Ini karena akun tersebut menyebarkan hoaks terkait dengan pemandangan sebuah jalan, yang diklaim ada di Sumatera.

Dalam hoaks itu, dia menyelipkan kalimat #Salam2Periode. “#Salam2Periode ini bukan hoax lo…Ini ada di SUMATRA,’’ tulis akun Eko Supriadi pada Rabu (25/4).

Unggahan status itu disertai foto pemandangan jalan yang keren. Berliku-liku, mulus, dan membelah hutan. Entah apa maksud hastag salam 2 periode. Memang belum tentu terkait dengan dukungan dua periode Joko Widodo. Tapi, yang pasti, foto yang diunggah akun Eko tersebut hoaks.

Dari pengecekan di Google Image, ternyata pemandangan itu bukan jalan di Sumatera. Tapi sebuah jalan di Australia bagian selatan. Foto yang sama bisa Anda temukan di situs penyedia stok foto Alamy.com. Dikutip dari alovelyplanet.com, jalan tersebut membelah Taman Nasional Flinders Chase menuju ke Cape du Couedic, Pulau Kanggoro.



“Berkendara di sepanjang jalan itu seperti berada di sebuah film,’’ tulis Alovelyplanet.

Entah paham atau tidak, Eko masih bersikukuh bahwa foto yang diunggahnya merupakan pemandangan jalan di Sumatera. Misalnya, ketika ada netizen yang bertanya, jalan itu ada di Sumatera mana. ’’Mantab. Arah ke Pekanbaru ya mo ke Medan?’’ tanya akun Facebook Nana Joko. Eko menjawab bahwa jalan itu ada di Damasraya, Sumatera Barat.

Ada netizen lain yang bertanya, jalan tersebut ada di Damasraya daerah mana. Eko menjawab ada di Sungai Rumbai, Kabupaten Damasraya, Sumbar.