HIPMI Ajak Entrepreneur Newbie Berkolaborasi

KOTA BATU – Perkembangan usaha di Kota Batu selama ini cukup pesat. Namun, beberapa pengusaha masih newbie atau belum banyak pengalaman. Karena itu, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Batu berharap para entrepreneur pemula itu untuk bisa saling berkolaborasi.

Ketua HIPMI Kota Batu Dimas Bramantya mengatakan, jumlah anggota HIPMI saat ini ada 60 orang dan memiliki usaha semua. Dari jumlah tersebut, terdapat 40 persen anggota masih menjadi pengusaha pemula. Menurut Dimas, kendala pengusaha pemula biasanya soal modal dan jaringan dalam bermitra.

Dengan mereka ikut HIPMI, Dimas menjelaskan, sebenarnya untuk membuka jaringan. Misal seperti mencari investor atau saling bersinergi sesama pengusaha. ”Yang pernah terjadi adalah kerja sama antara anggota satu sebagai penyedia tempat dan anggota dua membuka usaha kuliner, mereka ketemunya di HIPMI Kota Batu,” kata dia.

Selain itu, HIPMI juga bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kota Batu terkait untuk memfasilitasi perizinan usaha. Sedangkan untuk pemasaran kuliner, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu.

”Nanti kalau mau ikut pameran, biasanya mereka mengundang kami dan para anggota kami diajak untuk men-display sekaligus memasarkan produk mereka,” katanya. Pada 2020 ini rencananya HIPMI Kota Batu akan membangun coworking space. Tempat ini nantinya bisa untuk sharing dan pelatihan bagi pengusaha pemula.

Lebih lanjut, setiap tahun HIPMI Kota Batu juga melakukan kaderisasi, mencari anggota baru. Melalui acara HIPMI Young Entreprenuer Meeting, targetnya tahun ini anggota HIPMI bisa mencapai 100 pengusaha.

Pewarta : Nugraha
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro