Hijab Tak Jadi Halangan

MALANG KOTA – Berhijab dalam aktivitas olahraga tak menjadi masalah bagi dua pemain Arema FC, Putri Alzahna Firzalvia dan Riskyi Rahmadhani. Keduanya pun tetap nyaman meski memakai hijab.

Riskyi Rahmadhani menerangkan bahwa berhijab tak merusak pandangannya selama bermain sepak bola. Menurut dia, meskipun dalam posisi kepala menoleh, hijab yang digunakannya itu tak menghalangi pandangannya.

”Kalau menurut saya ndak merusak pandangan buat main. Karena hijab ini cuma nutupi bagian atas kepala saja. Kan kami biasa pakai kerudung yang cuma sampai jidat saja, dan benar-benar nempel di kepala gitu. Jadi buat tengok kiri-kanan gitu bisa buat lihat,” terang pemain dengan nomor punggung 15 itu.

Senada dengan Riskyi Rahmadhani, Alzahna Firzalvia menyatakan bahwa berhijab tak mengganggu pandangannya selama mengolah si kulit bundar. Menurut dia, gerah dan panas yang dia rasakan saat kali pertama bermain bola dengan menggunakan hijab.

”Awalnya itu rasanya panas terus bikin ndak nyaman. Apalagi cuaca akhir-akhir ini juga panas ya. Kayaknya cuaca yang paling berpengaruh itu, tapi lama kelamaan akan terbiasa juga sih,” ungkap pemain dengan nomor punggung 4 itu.

Kedua pemain tengah andalan Ongis Kodew itu sepakat bahwa kendala yang kerap dirasakannya yakni ketika sedang dalam perebutan bola atas. Duel bola udaralah yang sedikit mengganggu hijab mereka.

Sebab, hijab yang mereka pakai akan bergeser saat berjibaku dengan lawan ataupun terkena daya dari bola itu sendiri. ”Waktu duel bola-bola atas itu ya, yang kadang agak susah. Jadi kadang-kadang kerudungnya agak turun gitu, terus dibenerin lagi,” jawab mereka sembari tertawa bersama.

Disinggung terkait mulai berhijab, Riskyi Rahmadhani lah menjadi yang terlama. Sebab, dia telah berhijab sedari kecil. ”Kalau saya berhijab sudah dari kecil. Dan sepak bola dengan berhijab itu baru satu tahun terakhir inilah. Sebelumnya kan saya main futsal,” beber Riskyi.

Sementara itu, Alzahna Firzalvia mengaku berhijab semenjak dia duduk di bangku SMP. ”Mulai berhijabnya dari SMP, dari situ sudah sepak bola pakai hijab sampai sekarang. Dan mulai sepak bolanya sudah dari kecil,” tutur Alzahna.

Pewarta : Mva
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro