Helmy Yahya Dipecat dari TVRI: Johnny: Menkominfo Tak Punya Kewenangan

JawaPos.com -Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerrard Plate menyesalkan kisruh yang terjadi di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI. Kisruh antara Dewan Pengawas (Dewas) berbuntut dipecatnya Direktur Utama (Dirut) TVRI Helmy Yahya.

Kepada awak media di Jakarta, Sabtu (18/1) sore kemarin, Johnny mengaku kalau dirinya sudah berusaha memediasi kisruh yang terjadi antara Dewas LPP TVRI dengan Direksi. “Kami sudah berusaha memediasi itu dan berharap bisa diselesaikan dengan baik secara internal,” ujar Johnny.

Johnny juga mengatakan, masalah yang terjadi antara Dewas LPP TVRI dengan Direksi di dalamnya sudah terjadi sejak lama.

“Periode sebelumnya ada aksi saling pecat dan saling menuntut. Hak hukum tentu kita hormati. Tapi TVRI sebagai LPP harus dijaga bersama karena ada hak masyarakat untuk mendapat informasi,” jelas Johnny.

Sementara untuk kasus dicopotnya Helmy Yahya sebagai Dirut, kata did, sedang dilakukan mediasi oleh pemerintah melalui Kemenkominfo, meskipun jika dilhat dari segi legalitas, menkominfo tidak memiliki wewenang untuk mengangkat atau memberhentikan Direksi TVRI.

“Sepenuhnya sesuai Undang-undang (UU) Penyiaran dan PP no 13 tahun 2005, Dewas punya kewenangan dalam mengangkat dan memberhentikan Direksi. Namun harus mengacu pada aturan yang ada,” ungkap Johnny.

Bila tidak sesuai aturan, lanjutnya, maka Direksi punya hak hukum yang harus dihormati. Kita tahu, tahap pertama untuk hak jawab sudah dilakukan, namun hal itu dikatakannya mungkin belum cukup meyakinkan Dewas TVRI.

“Tapi saya enggak ingin ikut mencampuri dan mengakibatkan masalah jadi luas. Kita pisahkan relasi pecat memecat antara Dewas dan Direksi sebagai hal yang terisolasi dari manejemn TVRI. Kita harus dukung Dewas dan Direksi yang sekarang untuk tetap bisa bekerja dengan baik,” tandas Johnny.

Diketahui, pemecatan Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI beberapa hari lalu turut disesalkan oleh masyarakat. Topik percakapan soal Helmy Yahya, TVRI dan pemecatan oleh Dewas sempat menjadi topik terhangat di lini masa Twitter.

Masyarakat menilai, kinerja Helmy Yahya sudah sangat baik selama menggawangi TVRI. Meski dipecat, di tempat yang sama, yakni Twitter, Helmy Yahya melalui akun resminya @helmyyahya tetap mendoakan yang terbaik bagi TVRI terlepas dari TVRI yang tidak digawanginya lagi.

“Saya percaya Tuhan punya rencana lebih baik untuk saya. #TetapJayalahTVRI,” cuit Helmy Yahya sembari mengunggah foto gedung LPP TVRI.

Diketahui, Helmy Yahya juga akan melakukan upaya hukum. Helmy menunjuk mantan Wakil Ketua KPK Chandra Hamzah sebagai penasihat hukumnya.