Helikopter Mi8 Hari Ini Turun Tangan Jinakkan Kebakaran Gunung Arjuno

KOTA BATU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu akan mendatangkan Helikopter Mi8 untuk mengatasi kebakaran di Gunung Arjuno. Pesawat yang memiliki daya tampung air 3800-4000 liter air ini nantinya difokuskan untuk memadamkan titik api yang membakar sekitar 300 ha area Gunung Arjuno.

“Sebenarnya sudah padam kemarin sore, namun bara api masih ada dan berpotensi kembali menyala kalau angin tetap kencang seperti ini,” jelas Achmad Choirur Rochim Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu.

Rochim menuturkan, helikopter jenis Mi8 untuk pemadaman teknik waterboom ini rencananya akan tiba di bandara Abdulrachman Saleh nanti sekitar pukul 13.00 dari Balikpapan. Hanya saja, sampai saat ini BPBD belum bisa memastikan titik api mana saja yang akan dijatuhi waterboom.

“Satu kali penerbangan saja Rp 90 juta. Jadi kita harus merencanakan dengan matang di titik mana yang paling berpotensi kembali terbakar untuk disiram menggunakan waterboom,” bebernya.

Personel Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suryo Trihartanto menambahkan, air yang akan diambil dan digunakan untuk waterboom rencananya akan menggunakan bendungan Sengguruh, Bendungan Selorejo, atau Bendungan Karangkates.

“Untuk fokus titik api belum dikomunikasikan. Akan kita tunggu rapat di pukul 13.00 wib nanti,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Istimewa
Penyunting: Fia