Heboh Virus Corona, Pemprov Jatim Siagakan Rumah Sakit hingga Perketat Pengawasan Bandara

KOTA MALANG – Penyebaran virus corona dari Tiongkok China menjadi sorotan dunia termasuk World Health Organization (WHO). Sejauh ini berdasarkan laporan Vice Indonesia setidaknya ada 444 kasus dan 17 orang tewas akibat virus yang menyerang sistem pernafasan tersebut.

Pemerintah Provinsi pun bergerak cepat. Salah satunya mengecek kesiapsiagaan rumah sakit rujukan. Yakni di RSUD dr Saiful Anwar (RSSA) Malang dan RSUD dr Soetomo Surabaya.

“Saya sudah cek dan kondisi rumah sakit yang punya ruang isolasi, semua sudah siap ya. Sudah bagus semua termasuk di RSSA ini,” ujar Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Komisi E, Hikmah Bafaqih usai rapat di Ruang Majapahit RSSA Malang, Jumat (24/1).

Hikmah mengatakan, status siaga ditetapkan salah satunya lantaran datangnya momen Tahun Baru Imlek, Sabtu (25/1).

Pada momen ini, banyak orang bepergian atau liburan. Termasuk ke negara-negara yang saat ini tengah marak wabah Corona.

“Khususnya ke China. Atau juga Singapura yang ada potensinya. Kalau bisa kesananya ditunda dulu sampai kondusif,” tuturnya.

Saat ini, setiap hari ada kurang lebih 30 penerbangan dari China, baik langsung maupun transit, ke Indonesia. Jumlah penumpangnya sebanyak 4.500 hingga 6.000 orang di seluruh bandara Indonesia. Ia pun membeberkan bahwa Pemprov telah menyiagakan pengamanan bandara.

“Hari ini bu Gubernur meninjau bandara Juanda untuk mengecek alat pendeteksi suhu tubuh. Beliau melihat apakah screening di bandara memungkinkan agar jika ada yang terdeteksi segera ditangani,” beber wanita berhijab ini.

Hikmah menambahkan situasi heboh ini jangan sampai ditanggapi dengan kepanikan. Terutama berita-berita tentang menyebarnya corona seperti yang terjadi di Jakarta.

“Jangan sampai ada hoax. Karena momennya ini juga imlek. Takutnya juga ada isu sara, jadi saya mohon masyarakat tenang,” tutupnya.

Sementara saat ditemui, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Herlin Ferliana belum bisa dimintai keterangan. “Saya harus segera ke bandara Juanda untuk mendampingi bu Gubernur,” ujarnya sambil berlalu pergi.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu

Editor : Indra M