Hati-hati! Kue Mengandung Narkoba Beredar di Jakarta

JawaPos.com – Jelang malam tahun baru 2019, masyarakat Ibu Kota Jakarta harus berhati-hati. Karena, saat ini sudah beredar narkoba jenis baru di kalangan mahasiswa. Hal ini terungkap oleh Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan.

Narkoba jenis baru ini berbentuk kue berwarna putih gading. Kue tersebut diminati kalangan mahasiswa dan pengangguran.Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung menuturkan, penemuan kue memabukkan diduga mengandung narkoba jenis NM dan Alkohol.

“Berawal dari informasi masyarakat kami telusuri dan kami temukan kue tersebut dari dua orang yakni RN dan DM di Kosan Ellioti Residence, Kebayoran Baru, Jaksel,” tegas Kompol Vivick.

Kejadian tersebut terjadi Rabu (12/12) pukul 01.00 WIB. Petugas mengamankan sekitar 500 potongan kue yang dikemas plastik disimpan di dalam lemari.



“Dari keterangan terlapor barang tersebut sebagai uji coba makanan yang membuat efek turunnya kesadaran menyerupai efek narkoba. Kami tetapkan tersangka dua orang,” tutur Vivick.

Dia dijerat Pasal 140 UU Pangan nomor 18 tahun 2016 produksi tentang perdagangan. “Saat ini komposisinya bahan tersebut dari tepung, alkohol 70 persen dan narkoba jenis NM diduga bahannya berasal dari cina. Saat ini kami menunggu hasil Lab Forensik Mabes Polri guna mengetahui zat kandungan di kue tersebut,” sambungnya.

“Dalam satu kue saja bisa memabukkan satu. Tetapi biasanya ini memakai orang 15 kue. Satu kuenya harga Rp 100 ribu. Rata-rata pembelinya mahasiswa dan pengangguran,” katanya.

(ern/JPC)