Hasil Coblosan Tunggu Ramadan

MALANG KOTA – Seperti apa hasil coblosan Pemilu 2019 di Kota Malang? Agaknya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang baru bisa mengumumkannya secara resmi pekan depan. Karena hingga kemarin (29/4) proses rekapitulasi penghitungan suara manual di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) tak kunjung tuntas.

 

Meski proses penghitungan sudah dilakukan di PPK sehari setelah coblosan, hanya PPK Klojen yang sudah tuntas melakukan rekapitulasi hasil Pemilu 2019. Sementara empat kecamatan lainnya, hingga kemarin masih terus melakukan penghitungan secara manual. Yakni PPK Blimbing, Sukun, Lowokwaru, dan Kedungkandang.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin menyampaikan, sesuai jadwal, seharusnya proses rekapitulasi di PPK memang sudah tuntas 12 hari setelah coblosan. Namun dia mengakui, hingga saat ini proses penghitungan hasil Pemilu 2019 belum sepenuhnya tuntas. ”Sampai sekarang (kemarin, Red) masih satu PPK. Kami tambah waktunya dua hari lagi,” kata pria asal Kabupaten Banyuwangi ini di kantornya kemarin.

Seperti diketahui, sejak 18 April lalu, semua PPK Kota Malang melakukan rekapitulasi penghitungan suara manual. Karena pada pemilu tahun ini tak ada lagi rekapitulasi di tingkat kelurahan (PPS). Hal itu berlaku untuk rekapitulasi surat suara pilpres maupun pileg.



Dia menambahkan, berdasarkan aturan baru, ada tambahan waktu 7 hari untuk proses rekapitulasi di tingkat PPK. ”Aturan baru batas maksimalnya 17 hari,” imbuh alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Dia menambahkan, PPK Klojen bisa paling cepat tuntas melakukan rekapitulasi dibandingkan empat PPK lainnya karena jumlah daftar pemilih tetap (DPT) paling sedikit. ”Karena Klojen kan paling sedikit DPT-nya,” terangnya.

Hanya saja, masih kata dia, pihaknya optimistis tambahan dua hari tersebut bisa dimaksimalkan PPK. Karena empat PPK yang belum tersebut proses rekapitulasinya tinggal beberapa tempat pemungutan suara (TPS) lagi. ”Ada juga yang tinggal rapat pleno terbuka,” tambahnya.

Zaenudin memastikan dalam rentang waktu antara tanggal 2 hingga 4 April mendatang, proses rekapitulasi di tingkat KPU juga bakal tuntas. Karena itu, pihaknya meminta agar PPK bisa memaksimalkan tambahan waktu yang ada. ”Jadi target kami, awal puasa sudah tuntas semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PPK Kedungkandang Gusti menyatakan, proses rekapitulasi penghitungan suara manual di tempatnya tinggal beberapa TPS lagi. Sehingga, diperkirakan malam ini bakal tuntas. ”Insya Allah besok malam (malam ini, Red) tuntas,” terangnya.

Pewarta               : Imam Nasrodin
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Ahmad Yani
Fotografer          : Rubianto