Hari Terakhir Sebelum Cuti sebagai Gubernur, Ini yang Dilakukan Ganjar

Hari Terakhir Sebelum Cuti sebagai Gubernur, Ini yang Dilakukan Ganjar

Jumpa pers usai pengundian nomor urut paslon Pilgub Jateng.
(Tunggul Kumoro/RADAR MALANG ONLINE)

RADAR MALANG ONLINE – Usai ditetapkannya nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat mengingatkan adanya sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi para peserta Pilgub.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengatakan, nomor tersebut akan melekat dan menjadi identitas pasangan calon saat berkampanye maupun pengadaan logistik. 

“Tanggal 15 Februari nanti sudah boleh kampanye, seluruh tim kampanye baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, maupun kelurahan,” ujar Joko saat konferensi pers usai acara pengambilan nomor urut paslon Pilgub Jateng di Hotel Patrajasa, Semarang, Selasa (13/2).

Pada kesempatan itu pula, Joko meminta kepada Ganjar Pranowo, yang masih akan tetap bekerja sebagai Gubernur Jateng selama sehari besok agar berhati-hati. Peringatan itu berkaitan dengan netralitasnya sebagai kepala daerah. 



“Setelah penetapan paslon, seluruh ketentuan dan larangan langsung melekat. Tapi yang bersangkutan sudah akan cuti di luar tanggungan negara per tanggal 15 Februari besok,” sambungnya.

Sementara Ganjar sendiri menuturkan masih memiliki tugas di hari terakhirnya sebagai Gubernur sebelum memasuki masa cuti. Salah satunya adalah melantik penjabat bupati/wali kota yang kepala daerahnya juga maju lagi dalam pilkada serentak. “Besok masih melantik penjabat bupati yang ikut pilkada,” tandas Ganjar.

Dengan adanya cuti di luar tanggungan negara tersebut, Ganjar pun harus angkat kaki dari rumah dinas gubernur yang notabene adalah fasilitas negara dan tidak diperbolehkan untuk digunakan selama dirinya resmi mencalonkan sebagai peserta Pilgub Jateng. Ia mengaku sudah mendapatkan kontrakan dan memulai pindahan hari ini.

“Pindahan rumah besok sore. Ini tadi sempat nyicil kaus kaki, pemean (jemuran),” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemilihan Gubernur Jawa Tengah telah melewati tahapan pengundian nomor urut pasangan calon. Dimana, Paslon Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen mendapatkan nomor urut 1 dan paslon Sudirman Said-Ida Fauziyah nomor urut 2.


(gul/JPC)