Hari Terakhir Perbaikan Berkas, Belum Semua Parpol Sambangi KPU Jateng | JawaPos.com

Hari Terakhir Perbaikan Berkas, Belum Semua Parpol Sambangi KPU Jateng | JawaPos.com

JawaPos.com – Memasuki hari terakhir masa perbaikan berkas syarat Calon Legislatif, belum semua partai politik di mengajukan revisi ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng). Hingga Selasa (31/7) sore, baru ada 14 dari 16 parpol yang datang guna melengkapi kekurangan berkas.

Komisioner KPU Jateng Divisi Teknis, Ikhwanudin mengatakan, tinggal dua partai yang belum datang ke KPU untuk melakukan revisi. “Jadi hampir semua partai ada perbaikan. Dibatasi waktu sampai 31 Juli, hari ini. Kita cek beberapa sudah kita beri tanda terima seperti Golkar dan Demokrat tadi,” ujar Ikhwanudin, Selasa (31/7).

Dokumen yang masih bisa diperbaiki lanjut Ikhwan, adalah berkas syarat calon, karena soal syarat pengajuan bakal calon harus sudah sah pada saat masa pendaftaran kemarin. Dan kebanyakan didominasi kekurangan pada rekam medis para bakal calon legislatif.

Mereka lanjut Ikhwanudin, sedianya harus dinyatakan sehat secara jasmani, rohani, serta bebas narkotika dan psikotropika. “Akan tetapi, seiring waktu berjalan kemarin ada surat edaran dari KPU RI. Intinya kalau sudah ada surat keterangan dari rumah sakit bahwa yang bersangkutan sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba, tidak perlu melampirkan rekam medik. Kita beri edaran kemarin, dan sudah dinyatakan memenuhi syarat,” sambungnya.

Ikhwan pun membenarkan, ada sejumlah bakal calon legislatif yang dinyatakan tak memenuhi syarat. Itu dikarenakan, yang bersangkutan terbukti pernah menjadi narapidana kasus korupsi, serta belum cukup usia.

Ia mengungkap bahwa, partai dari bacaleg tersebut telah mengajukan dokumen perbaikan. “Tapi kalau dalam berkas itu disertakan pula dokumen calon pengganti untuk mereka yang tak memenuhi syarat, kita belum cek,” katanya lagi.

Masa perbaikan dokumen ini sendiri akan ditutup pukul 00.00 WIB nanti. Ikhwan berujar, kedua partai yang belum menyerahkan revisi tadi sudah mengontak pihaknya dan berjanji akan datang ke kantor KPU Jateng malam ini.

Sementara, proses perbaikan dokumen ini akan dilanjutkan dengan tahapan verifikasi ulang. Sehingga, pada Bulan Agustus nanti para calon legislatif sudah bisa diumumkan ke publik.

“Dari situ, publik bisa melihat dan melaporkan apabila menemui calon yang ternyata bekas napi korupsi, bandar narkoba, atau kasus pencabulan anak di bawah umur sesuai PKPU. Pelaporan bisa langsung menyurati KPU atau melalui media lainnya,” tandasnya.

(gul/JPC)