Hari Terakhir, Pendaftar PPDB SMPN Jalur Prestasi Meningkat

KOTA MALANG – Kurang sehari ditutup, antusias pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD-SMP jalur prestasi belum surut. Dari data kemarin siang (14/5) setidaknya ada 256 wali murid yang telah menyerahkan berkas kepada Dinas Pendidikan Kota Malang.

Sedangkan hari ini (15/5) diperkirakan pendaftar bisa di angka 500-an. Padahal tahun sebelumnya jalur ini hanya diburu 100 pendaftar. Dari data 256 pendaftar kemarin, setengahnya berasal dari siswa Kabupaten Malang hingga Kota Batu.

Diduga peningkatan ini akibat tingkat prestasi yang awalnya minimal tingkat provinsi, kini turun menjadi tingkat kota. Selain itu, pembatasan jalur pindah pilih yang semula 35 persen menyusut menjadi lima persen, juga diduga kuat membaut wali murid pindah jalur.

Namun yang harus diperhatikan, dari kurang lebih 500 pendaftar ini hanya 300 peserta didik yang bisa diterima di 27 SMP Negeri. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah MM mengatakan untuk kuota siswa SD ke SMP saja seluruhnya tersedia kurang lebih enam ribu saja.

Lebih lanjut, untuk proses seleksi yang digunakan nanti tidak melulu murni prestasi. Semisal, ada siswa yang mendaftar di SMP negeri yang tidak cocok dengan alamatnya, tetap diberlakukan zonasi. Artinya, dari kediaman siswa dengan sekolah terdekat, tetap akan disarankan disdik.



“Jikapun, pilihannya jauh, tetap akan dikonsulkan ke disdik dan melihat pilihan kedua. Per siswa dijatah dua sekolah pilihan. Ya melihat juga sekolah yang dituju bisa mengakomodir prestasinya atau tidak. Kalau tidak, ya kami saranakan,” jawabnya.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Laoh Mahfud