Hari pertama PPDB SMPN di Kota Batu, Orang Tua Siswa Bondo Yakin!

Suasana PPDB di SMPN 1 Kota Batu, Senin (17/6)

KOTA BATU – Hari ini (17/6) Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN di Kota Baru mulai dilaksanakan sejak pukul 7.30. Namun antrean pengembalian nomor sudah mengukar sejak pukul 05.00. Sejumlah orangtua beranggapan jalur zonasi menguntungkan terutama bagi yang jarak rumahnya dengan sekolah sangat dekat. Namun berbeda halnya dengan orang tua yang memiliki jarak rumah dekat dan anaknya berprestasi, mereka menganggap peraturan zonasi kurang fair.

Salah satu orang tua yang ditemui rdarmalang.id di SMPN 1 Kota Batu mengeluhkan zonasi yakni Gatot Puriyanto. Ia mendaftarkan putrinya Rahma Nurhidayanti di zona SMPN 1 Batu dan pilihan kedua di SMPN 2 Kota Batu. Ia mendaftar di SMPN 1 Kota Batu lantaran jarak rumahnya di Jalan Agus Salim, Gang 2, Kelurahan Sisir dengan sekolah tersebut hanya kurang lebih 200 meter. Sementara putrinya berasal dari SDN Sisir 6 Kota Batu.

“Ya kalau saya sih sebenarnya agak kurang sreg dengan zonasi. Kasihan kayak anak saya yang sekolahnya dapat ranking 1,2,3 di sekolah pas daftar gini cuma saingan karena jarak rumah. Merasa nggak fair, kok disamaratakan gini. Tapi ya wes lah bondo yakin ae!,” curhatnya.

Sementara, Ngatminingsih, warga Jalan Utomo Rejo, Kelurahan Sisir Kota Batu mengaku senang dengan adanya sistem zonasi. “Alhamdullilah kalau jalur zonasi saya senang, karena cucu saya kan enak berangkatnya dekat nggak usah jauh-jauh,” ujar wanita paruh baya tersebut.

Diketahui ia mendaftarkan cucunya Aurellia Arzefadilla yang berdekolah di SDN Sisir 6 Kota Batu ke SMPN 1 dan SMPN 2 Kota Batu. Jarak rumahnya dengan SMPN 1 Kota Batu kurang lebih 150 meter sedangkan dengan SMPN 2 Kota Batu lebih dari 2 kilometer. Karena yakin masuk dengan jarak yang dekat, ia tidak menyiapkan berkas untuk sekolah ke swasta. “Wes ndek kene lah, pokok yakin (sudah di sini saja lah, pokoknya yakin)!,” ungkapnya.

PPDB SMPN akan membuka pendaftaran dan seleksi hingga 19 Juni 2019. Sedangkan pengumuman akan dilakukan pada 21 Juni 2019 dan daftar ulang pada 24 Juni 2019. Hingga saat ini belum ada keluhan orang tua terkait sistem online pendaftaran. Mereka rata-rata masih sibuk mengumpulkan berkas ke sekolah terdekat. Perlu diketahui, pendaftaran online daring zonasi ini hanya dilakukan di 5 sekolah. Yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu