Hari Pertama PPDB Online Zonasi, Orang Tua Ambil Nomor Antrean Pukul 3 Pagi

KOTA MALANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur online zonasi hari ini (20/5) mulai dibuka hingga 22 Mei 2019 mendatang. Meski pendaftaran baru dibuka pukul 08.00, namun orangtua pendaftar sudah mendatangi lokasi pendaftaran sejak pukul 03.00 dini hari untuk mengambil nomor antrean.

M. Faisol misalnya, ia rela mendatangi SMPN 1 sejak pukul 03.00 pagi demi mendapatkan nomor urut 1. Pria berusia 36 tahun ini mendaftarkan anaknya Alvito Darrel dengan asal sekolah SDN Kauman 1 Malang, di zona 1 yang meliputi SMPN 1, 6, dan 8. Ia sendiri memiliki rumah di Jalan Veteran yang termasuk dalam kelurahan Tanjungrejo

“Jarak rumah saya ke SMPN 1 ini ya kira-kira 2 km lah. Tadi saya habis ambil nomor pulang, balik lagi jam 07.30. Ya takut kesiangan aja sih keburu kerja juga,” ujar Faisol.

Menurutnya sistem zonasi ini sedikit membuat kecewa. Pasalnya yang diperingkat adalah jarak rumah bukan nilai Ujian Nasional (UN). “Jadi kayak sia-sia gitu loh udah belajar tapi akhirnya nggak dipakai, ngapain capek-capek kalau gitu,” ungkapnya.


Sedangkan warga Kelurahan Tanjungrejo lain, Retnaningrum mendatangi SMPN 1 Malang sejak pukul 05.15. Ia mendaftarkan putranya Moch Aftrian Nugroho yang berasal dari SDN Tanjungrejo 3 di zonasi 1 juga. Tidak sependapat dengan M. Faisol, menurutnya sistem zonasi lebih baik dan menguntungkan karena peserta didik bisa mendapatkan sekolah yang terdekat dengan rumah. Sehingga tidak ada alasan siswa datang terlambat.

“Rumah saya di Terusan Mergan Raya, kalau dari sini ke rumah sekitar 1,8 km. Semoga keterima lah di negeri ini, dekat rumah enak kalau ngantar. Belum siap saya kalau nggak keterima, ngeri,” terang wanita berusia 44 tahun ini.

Sementara Kepala SMPN 1 Malang, Budi Santoso menyebutkan bahwa di kalangan orangtua memang terjadi miss persepsi. Banyak dari mereka beranggapan bahwa yang datang terlebih dahululah yang pasti akan mendapatkan pagu.

“Memang dalam pasal itu ada yang menyebutkan bahwa jam kehadiran diperhitungkan. Akan tetapi passing grade tetap pada jarak rumah dengan sekolah. Nantinya andaikan ada 3 atau 4 orang yang jarak rumahnya sama, itu baru yang diperhitungkan jam kehadirannya,” tegas dia.

Seleksi daring zonasi akan dilaksanakan hingga 22 Mei 2019. Sedangkan pengumuman akan dilaksanakan pada 23 Mei 2019, dan daftar ulang bisa mulai dilakukan 27 sampai 28 Mei 2019.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu