Hari Pertama Penukaran Uang BI, Antrian Membludak Sejak Subuh

KOTA MALANG – Menyambut Idul Fitri setiap tahunnya, Bank Indonesia (BI) Malang selalu melayani penukaran uang pecahan baru. Tahun ini, penukaran uang pecahan kecil digelar mulai 26 Mei hingga 2 Juni di Gedung Kartini Malang. Mulai ba’da subuh kurang lebih pukul 5 pagi, warga yang berniat menukarkan uang sudah berjubel di lokasi untuk mengambil nomor antrian.

Luluk Lupiningsih salah satunya, warga Talun ini mengatakan sudah antre mengambil nomor antrean sejak pukul 05.45. Meski terbilang masih sangat pagi, ia sudah mendapatkan nomor antrian di angka 222. Wanita berhijab ini berniat menukarkan uang sebesar Rp 1,7 juta dengan rincian pecahan Rp 2000, Rp 5000, dan Rp 10ribu.

“Yang nomor awal itu antrinya habis solat subuh, setengah 5-an. Ya gimana cuma setahun sekali, kalau nggak lebaran ya nggak kayak gini. Buat THR anak-anak kecil biar seneng. Tahun ini tapi menurut saya enak, lebih tertib dan nggak panas-panasan,” ungkapnya.

Kepala Kantor Wilayah BI Malang, Azka Subhan mengatakan kaget dengan antusiasme masyarakat. Padahal, perhari BI hanya melayani penukaran uang pecahan kecil maksimal untuk 1.200 orang saja dengan penukaran maksimal Rp 3,7. Namun ternyata sejak kedatangannya pukul 07.00, antrean yang mengular sudah mencapai nomor 500-an.

“Saya juga kaget jam 7 dateng udah 500-an orang, padahal juga uang yang kita sediakan nggak banyak. Mudah-mudahan cepet selesai dan nggak ada yang pingsan atau sakit kayak tahun kemarin. Karena posisinya kan di lapangan stadion kemarin ya, panas. Kalau sekarang lebih tertutup,” urai dia.

Sebagai informasi, selama 8 hari BI menerima layanan uang pecahan kecil yakni Rp 2000, Rp 5000, Ro 10 ribu, dan Rp 20 ribu dengan maksimal jumlah per orang Rp 3,7 juta. Selama 8 hari BI menyediakan jumlah penukaran 12 persen dari total uang baru yang diedarkan, yakni Rp 53 milyar dari total Rp 4,7 triliun. Setiap hari layanan penukaran uang hanya akan melayani 1200 orang, sehingga bagi Anda yang tidak kebagian hari ini, tenang saja karena besok pelayanan masih akan dilakukan.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia