Hari Libur, Perpus Keliling Makin Ramai

Perpustakaan keliling (pusling) di Kota Malang menjadi jujukan anak-anak di hari libur sekolah. Seperti yang terlihat di Alun-Alun Kota Malang kemarin (18/12), pusling tersebut cukup ramai dikunjungi anak-anak. Jumlah pengunjung di hari libur atau weekend bisa tiga kali lipat dibanding hari-hari biasa. ”Kalau hari-hari biasa sekitar 50 pengunjung. Kalau hari libur bisa 150 pengunjung,” ujar Wahyudi, pegawai pusling, kepada koran ini.

MALANG KOTA – Perpustakaan keliling (pusling) di Kota Malang menjadi jujukan anak-anak di hari libur sekolah. Seperti yang terlihat di Alun-Alun Kota Malang kemarin (18/12), pusling tersebut cukup ramai dikunjungi anak-anak. Jumlah pengunjung di hari libur atau weekend bisa tiga kali lipat dibanding hari-hari biasa. ”Kalau hari-hari biasa sekitar 50 pengunjung. Kalau hari libur bisa 150 pengunjung,” ujar Wahyudi, pegawai pusling, kepada koran ini.

Dia menyampaikan, layanan pusling itu ada selama 7 hari penuh, mulai hari Senin sampai Minggu. Mobil pusling memberikan pelayanan mulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00. Ada banyak buku-buku dan fasilitas literasi lainnya yang terdapat di dalam mobil mini bus pusling ini. ”Ada alat-alat menggambar dan mewarnai, bisa digunakan dengan gratis,” ujarnya.

Pengetahuan yang bisa didapat secara cuma-cuma ini dapat dinikmati semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. ”Biasanya pengunjung didominasi oleh anak-anak. Terkadang ibu-ibu yang menemani anak-anaknya,” jelasnya.

Selain buku-buku bacaan, ada pula visual kartun yang ditampilkan di mobil pusling untuk menarik perhatian anak-anak. ”Akhir pekan, pusling biasanya berada di Taman Merbabu, Taman Merjosari, atau Alun-Alun Malang,” pungkasnya.

Pewarta : nr8
Penyunting : Kholid Amrullah
Copy Editor : Arief Rohman
Foto : Rubianto