Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Kota Batu Panen Kritikan Warga

KOTA BATU – Memperingati Hari Kesehatan Nasional, Pemkot Batu melalui Dinkes Kota Batu menggelar Health Expo 2 di Lapangan Bumiaji Senin sore (02/12). Dalam acara yang digelar untuk pengecekan kesehatan gratis dan bazar tersebut, Kepala Dinkes Kota Batu Kartika justru “panen” kritikan dari kotak pengaduan puskesmas yang tersebar di tiga kecamatan Kota Batu.

“Ada yang mengeluhkan puskesmas yang kurang bersih, pelayanan tidak maksimal, dan kurangnya SDM di puskesmas,” papar Kartika. Dari hal inilah ia merasa masyarakat Kota Batu sangat responsive sehingga hal ini menjadikan PR dari Dinkes Kota Batu.

Tak hanya itu saja, Kartika juga membacakan keluhan masyarakat pelayanan ambulance yang tidak bisa maksimal selama 1×24 jam yang merupakan pilot project sebagai bahan evaluasi.

“Kalau untuk pelayanan 24 jam, kami saat ini memang belum memiliki jumlah SDM yang banyak sehingga kami masih harus mengatur jam kerja seperti menerapkan sistem piket atau yang lainya,” imbuhnya.

Sedangkan untuk kebersihan puskesmas yang ternyata mendapat sorotan dari masyarakat, maka Kartika secepatnya akan melakukan sidak terhadap puskesmas tersebut dan akan memberikan teguran bahkan punishment kepada anggota puskesmas jika kedapatan adanya kotoran di ruang kerja puskesmas baik sampah ataupun debu.

“Apalagi kebersihan adalah satu rangkaian dengan kesehatan. Tentu ini menjadi pelecut tersendiri bagi kami,” tukasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia