Hari Ini, Vicadha Shooting Club Dikukuhkan Panglima

DIRESMIKAN: 1) Pangdivif 2 Kostrad Mayjend TNI Tri Yuniarto, 2) Ketua Harian VSC Yusron Firmansyah, 3) Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, dan 4) Ketua Perbakin Kota Malang Yulia Sudarman meninjau fasilitas di lapangan tembak Metsil di Kampung Tentara, Singosari.

KABUPATEN – Satu lagi komunitas, hadir di Malang Raya. Namanya: Vicadha Shooting Club (VSC). Ini adalah komunitas para pencinta dan pehobi olahraga menembak. Hari ini, para pengurus VSC akan dikukuhkan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto. Menurut rencana, acara pengukuhan pengurus VSC bersamaan dengan peresmian Vicadha Shooting Range (VSR), arena latihan menembak yang terdapat di Kampung Tentara, Singosari.

”Kami punya kewajiban, untuk merangkul semua potensi bangsa. Harapannya, melalui VSC dan VSR ini dapat bersama mengisi dan membina generasi muda agar bisa meraih prestasi di kancah internasional. Khususnya prestasi untuk olahraga me nembak,” kata Panglima (sapaan akrab May jen TNI Tri Yuniarto) ketika meninjau persiapan peresmian VSR Rabu lalu (12/6)

Keberadaan VSC memang tidak bisa terlepas dari peran Divisi Infanteri 2 Kostrad di Singosari. Komunitas ini lahir di sana, diinisiasi langsung oleh Panglima, bahkan kantor sekretariat VSC disiapkan di lingkungan Divisi Infanteri 2 Kostrad, tepatnya di arena Kampung Tentara, persis di belakang arena menembak. ”Ini bisa jadi adalah satu-satunya klub menembak di Indonesia yang punya lapangan tembak sendiri,” kata Ketua Harian VSC Yusron Firmansyah.

Meski diinisiasi di Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad, tapi keanggotaan VSC bersifat terbuka. Siapa saja boleh bergabung. ”Kami terbuka untuk seluruh masyarakat yang hobi dan punya minat menembak. Boleh bergabung ke sini dari komunitas ataupun individu,” papar Panglima. Yusron menambahkan, VSC begitu dilantik akan langsung berkiprah.

”Kami sudah mempunyai jadwal event dan latihan. Kami juga akan selalu bekerja sama dengan Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin) Kota Malang,” ujarnya. Yusron menyebutkan bahwa VSR yang merupakan lapangan tembak Metal Silhoutte (Metsil) di Singosari ini, merupakan lapangan tembak senapan angin terbaik di Indonesia. ”Sudah sesuai standar, keamanan sudah diperhitungkan. Kelebihannya, semua kelas menembak ada di sini,” pungkasnya. (jaf/c2/dan)