Hari Ini Puncak Arus Balik Kota Malang

MALANG KOTA – Puncak kepadatan penumpang arus balik di Kota Malang diprediksi terjadi hari ini (2/7). Lonjakan penumpang di fasilitas transportasi publik, baik terminal, stasiun, dan bandara, diperkirakan meningkat drastis karena cuti bersama Lebaran 2017 bakal berakhir Senin besok (3/7).

Di Terminal Arjosari, misalnya, arus balik terus mengalami peningkatan signifikan sejak Jumat lalu (30/6). Total dalam sehari ada 27.373 penumpang yang memanfaatkan moda transportasi bus.

Rinciannya, 15.542 penumpang datang dan 11.832 sisanya meninggalkan Kota Malang. Sementara pada Selasa (27/6) hingga Kamis (29/6) lalu, rata-rata jumlah penumpang (baik masuk maupun keluar) hanya sekitar 18 ribu orang.

”Untuk hari ini (kemarin, Red) ada peningkatan sekitar lima persen dari Jumat lalu. Tetapi, untuk puncaknya kami perkirakan baru terjadi besok (hari ini), terutama untuk angkutan jarak pendek atau AKDP (antar kota dalam provinsi),” ujar Koordinator Terminal Arjosari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hadi Supeno.

Untuk diketahui, sepanjang Lebaran 2017 terdapat 2.163 kendaraan umum yang tersedia di terminal tipe A (terminal yang melayani angkutan umum antar kota antar provinsi) itu.

Rinciannya, 107 armada bus yang didominasi tujuan Surabaya, Probolinggo, dan Jember, 177 bus antar kota antar provinsi (AKAP), dan ditambah 28 kendaraan cadangan. Untuk bus AKDP, terdapat 390 armada dan 38 tambahan angkutan Lebaran. Serta, sebanyak 130 mobil penumpang umum (MPU), 1.233 mikrolet, dan 60 armada taksi.

Sementara itu, peningkatan traffic penumpang juga terpantau di Stasiun Kota Malang. Kemarin, sekitar 5.000 orang memanfaatkan moda transportasi kereta api.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) daerah operasi (Daop) 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko menyampaikan, puncak arus balik diprediksi akan terjadi hari ini. ”Kalau dari Malang bisa sekitar 7–8 ribu penumpang,” kata dia.

Gatut menerangkan, jauh-jauh hari PT KAI sudah menyiapkan antisipasi untuk mengakomodir penumpang selama arus balik. ”Ada 7 kereta api tambahan yang dijalankan,” ujarnya.

Pewarta: Nurlayla Ratri & Fisca Tanjung
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Bayu Eka