Hari Ini, Final Festival Band Antar Pelajar Se-Jatim di Anang Karaoke

Grup Band Pelajar Terbaik Adalah…

MALANG KOTA – Siapa grup band pelajar se-Jatim 2018 yang terbaik? Jawabannya bisa diketahui siang ini (22/4). Ya, mulai siang ini, enam finalis Festival Band Antar Pelajar yang digelar Jawa Pos Radar Malang itu bakal adu performance untuk memperebutkan gelar juara di Anang Karaoke.

Keenam band finalis tersebut adalah Marsanegha Band, MTsN 4 Malang; K-Project Band, SMPK Kolose Santo Yusup 1; Exodus Band, SMP Charis National; Hipnotize, SMAN 1 Kawedanan Magetan; serta Lucretia Band dan Simplay Band dari SMA Brawijaya Smart School (BSS). Mereka yang telah berhasil lolos dari total 44 peserta di grup utara dan grup selatan sejak babak penyisihan.

Ofisial Hipnotize Band Bramastya Putra menegaskan, personelnya sudah menyiapkan penampilan dengan lagu-lagu yang bagus. Belajar dari babak penyisihan, tim dewan juri telah memberikan beragam kritikan. Jadi, kelemahan pada grup band asal Magetan ini sudah dibenahi.

”Kami optimistis bisa juara saja, Mas. Apa saja saran dan kritik waktu seleksi dulu kami coba perbaiki,” ungkap Bramastya Putra.

Saat final nanti, tiga pakar musik tetap didapuk menjadi juri Festival Band 2018. Yakni, Donny Roy Fedrick, M. Faiz Kurniawan, dan Muhammad Ichsan.



Bramastya menerangkan jika bandnya akan menyanyikan empat lagu. Yaitu, Mars Radar Malang, Mengejar Matahari dari Ari Lasso, I Surrender dari Celine Dion, dan Indonesia Bersatu yang mereka ciptakan sendiri.

Bram–sapaannya– mengakui jika ada beberapa evaluasi yang harus diperbaiki untuk tampil hari ini. Setidaknya ada tiga, Bram melanjutkan, perbaikan yaitu pukulan drum, melodi, dan suara bass.

Menurut dia, ada dua hal yang berkaitan dengan power. Yakni, pukulan sang drumer Nur Annisa Jannah dan petikan senar bass Bellin Feklisya. Sedangkan untuk gitaris, Bram mengakui jika melodi akan lebih diperjelas. Tak hanya itu, sang gitaris Bayu Mukti Wibowo, satu-satunya personel laki-laki ini akan lebih mengeksplorasi penampilan panggungnya. Sedangkan Fiska Rahma, sang vokalis, akan lebih percaya diri ketika mendapatkan sentuhan irama dari Vera Yunita Sari, keyboardisnya.

Tak hanya itu, Reza, panitia festival ini menerangkan jika peserta diharapkan datang tepat waktu pukul 14.30. Dan akan menunggu antrean sesuai urutan yang telah ditentukan.

Terkait penilaian, dia mengungkapkan indikator yang digunakan para juri ada tiga yang terpenting. Yakni, harmonisasi, performa, dan development skill. Dikarenakan, juri akan melihat langsung bagaimana perkembangan mereka setelah mendapatkan saran dan kritik saat seleksi. Inilah yang disebut sebagai development skill. Begitu juga dia berharap ketika tampil di panggung (stage), mereka bisa memanfaatkan waktu 30 menit semaksimal mungkin.

”Jadi, penilaiannya akan lebih kompleks karena mereka akan dilihat progresnya dari seleksi dan final besok,” pungkas Reza.

Pewarta: Rino Hayyu
Penyunting: Abdul Muntholib
Copy Editor: Dwi Lindawati
Layout: Yudo Asmoro