Hari Ini Bakal Hujan Lagi, Warga bantra Sungai Diminta Waspada

Melalui akun twitter @bpbd_malangkota, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memprediksi hujan akan terjadi di Kota Malang, hari ini (26/1)

Berdasarkan rilis BMKG, cuaca sejak pukul 07.00 tadi pagi, menjelang siang hari yakni cerah berawan.

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi akan melanda lima kecamatan Kota Malang, seperti Blimbing. Kemudian, Lowokwaru, Klojen, Sukun dan Kedungkandang. Sekitar pukul 13.00 nanti hingga malam hari.

Sementara itu, suhu udara diperkirakan mencapai antara 21-29 derajat celcius dengan kecepatan angin 40 km/jam.

Personil di Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Malang Doni, menghimbau agar masyarakat lebih waspada. Terutama masyarakat yang tinggal dibantaran sungai. Mengingat, belakangan ini timnya kerap mendapatkan laporan longsor. Terutama di bantaran sungai brantas.



“Kalau hujan deras dengan durasi cukup lama, itu membuat aliran anak sungai Brantas jadi makin deras. Akibatnya bisa menggerus tanah yang ada di sisinya,” kata dia

Diketahui, tanah yang berada dekat Jembatan Janti, Jalan Kenen II Timur, Bandungrejosari sempat longsor karena tidak kuat menahan beban rumpun pohon bambu yang berada diatasnya, Kamis (25/1) lalu.

“Waktu itu material longsornya kurang lebih sepanjang 12 meter, lebar sekitar 3 meter dan tinggi 4 meter. Longsoran juga menutup aliran sungai,” kata dia

Terhambatnya aliran sungai tersebut tersebut dikhawatirkan berdampak akan meluapnya sungai pada saat turun hujan. “Saat terjadi hujan lebat, tingkatkan kewaspadaan kita. Apalagi di bulan Januari ini merupakan pubcak musim hujan,” tutupnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : twitter @bpbd_malangkota
Penyunting : Fia