Hari HIV/AIDS Sedunia, Dinkes Kota Malang Gelar Tes VCT Terbuka Ke Pengunjung CFD

KOTA MALANG – Dinas Kesehatan Kota Malang Malang mempunyai cara efektif dalam melakukan penyuluhan virus HIV/AIDS ke ratusan pengunjung CFD Jalan Ijen, Minggu (1/12) dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia.

Alih-alih hanya melakukan sosialisasi berupa penjelasan, mereka juga membuka layanan Voluntary Ccounselling and Testing (VCT) kepada ratusan pengunjung. Tes tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah seseorang terjangkit virus yang belum ada obatnya itu.

Terlihat sejak pukul 07.00 para pengunjung CFD antri untuk melakukan tes VCT yang terletak di pertigaan dekat Perpustakaan Kota Malang. Pengunjung CFDnya pun beragam mulai dari tua, muda, hingga waria.

Semua mengikuti tes yang diawali dengan sesi wawancara dan diteruskan dengan suntik Reagen untuk mengambil darah para pengunjung untuk diidentifikasi.

“Kami ingin masyrakat mengetahui apa sih HIV itu ya dengan cara langsung ikut tes VCT ini. Jadi di sini nanti mereka sekalian tes juga akan diberi tau bahwa pengidap HIV itu sebenarnya gak perlu dijauhi mereka aman. Yang perlu dijauhi hanya penyakitnya,” tutur Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, DInkes kota Malang, Dr. Bayu Cahya Wibawa.

“Selain itu, tes ini seharusnya tidak untuk semua orang. Jika di puskesmas pasti orang yang terlihat tidak berisiko pasti ditolak untuk test. Hanya yang berisiko saja seperti gay, atau orang bertato saja yang bisa test. Tapi khusus di CFD semua orang boleh ikut,” imbuhnya.

Setelah mengikuti tahapan-tahapan tes tersebut, para pengunjung juga bisa langsung mengetahui hasil tes VCTnya. Jika, mereka terindikasi mengidap virus tersebut, kata Bayu, pihaknya langsung menyarankan orang tersebut untuk mendaftarkan diri ke RSSA.

“Kami akan bantu urus BPJSnya juga. Tapi untungnya selama pemeriksaan ini tidak ada yang terjangkit,” tuturnya.

Selain pemeriksaan VCT ke seluruh pengunjung CFD, dalam acara tersebut Dinkes kota Malang juga menggelar jalan sehat dan senam Zumba serta atraksi para waria yang melakukan flashmob dance dan menampilkan atraksi teatrikal.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia