Hari Anak Nasional, Ratusan Pelajar SD di Malang Piknik ke Surabaya

KOTA MALANG – Pukul 11.00 tadi (23/7) ratusan anak berseragam olahraga terlihat berkumpul di Stasiun Kota Baru Malang. Rupanya, siswa siswi SD itu sedang mengikuti acara Edutrain Ceria dengan tema Memperkenalkan Nilai-nilai Kepahlawanan.

Dalam kegiatan itu 100 anak perwakilan SD se-Kota Malang diajak PT KAI Daop 8 Surabaya naik Kereta Api PLB Jayakarta tambahan (KA 7072) relasi Malang-Surabaya Gubeng secara gratis alias cuma-cuma.

Rombongan tersebut sampai di Stasiun Surabaya Gubeng pada 13.22. Di Stasiun Gubeng, para peserta Edutrain Ceria ini dikenalkan tentang sejarah dan perkembangan perkeretaapian Indonesia, sekaligus sebagai sarana sosialisasi seputar disiplin berlalu lintas.

“Selanjutnya, rombongan menuju Museum 10 Nopember dengan menggunakan bus. Di sana anak-anak diberikan penjelasan mengenai rangkaian peristiwa pertempuran Sepuluh Nopember 1945 di Surabaya,” terang Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.

Setelah memgunjungi Museum 10 Nopember, rombongan menuju ke Stasiun Surabaya Kota. Di Stasiun ini, anak-anak dihibur dengan lagu-lagu anak dan mendengarkan cerita dongeng seputar nilai Kepahlawanan. Puas seru-seruan, para siswa kembali pulang menuju Malang dengan menggunakan KA Penataran (KA 435) relasi Surabaya Kota – Malang, berangkat dari Surabaya Kota jam 17.30 dan tiba di Stasiun Malang jam 20.40.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, anak-anak Indonesia menjadi mengetahui akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Sehingga anak – anak bisa memahami arti dari nilai kepahlawanan secara nyata. Melalui penyajian yang dikemas secara menghibur dan santai, maka penggalaman ini akan dengan mudah diingat dan dipraktekan dikalangan anak-anak. Selamat Hari Anak Nasional 2019,” tutup Suprapto.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: istimewa
Penyunting: Fia