Harga Terjangkau, Xiaomi Kuasai Pasar Wearable

RADARMALANGID – Ditunjang dengan harga murah, Xiaomi kini mendominasi pasar wearable dunia, dalam laporan terbaru dari biro riset Canalys.

Di kuartal III 2018, pengapalan wearable yang termasuk gelang pintar, jam pintar hingga gadget fitness tracker tumbuh 65 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Xiaomi mengalami lonjakan terbesar dengan 74 persen pertumbuhan.

Dilansir dari GSM Arena (15/12), Xiaomi mengapalkan 12,2 juta unit wearable dengan jumlah market share 27 persen berkat performa kuat di pasar domestik dan ekspansi agresif di mancanegara. Harga yang murah pun turut mendorong penjualan Xiaomi.

Sementara itu setelah Xiaomi ada Apple sebagai ‘runner-up’ dengan pangsa pasar 15 persen. Berturut-turut di belakangnya adalah Huawei dengan 13 persen, Fitbit dengan 8 persen, dan di posisi kelima ada Samsung dengan 6 persen.

Huawei mengalami pertumbuhan pasar 243 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Lagi-lagi, performa kuat itu ditunjang terutama oleh penjualan di China.

Untuk tetap bertengger di posisinya, Apple masih mempertahankan model Apple Watch lama dengan harga di kisaran US$ 200. Apple Watch Series 5 juga laris yang meliputi 60 persen pengapalan pada kuartal III tersebut.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia