Harga Cabai Rawit Mulai Naik

MALANG KOTA – Memasuki Ramadan, harga cabai merangkak naik. Cabai rawit misalnya, jika sebelumnya hanya Rp 20 ribu, kini menjadi Rp 25 ribu per kilogramnya. Demikian juga cabai besar yang sebelumnya Rp 30 ribu, naik menjadi Rp 37 ribu.

Kenaikan harga cabai itu terlihat di sejumlah pasar tradisional. Termasuk di Pasar Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen. ”Ini kan masih awal puasa, jadi naiknya belum terlalu tinggi,” ungkap Sumarti, 59, pedagang di Pasar Oro-Oro Dowo, kemarin (20/5).

Sumarti menyatakan, kenaikan harga cabai ini sudah dirasakan sejak pertengahan Mei lalu. Sementara ini kenaikannya tidak terlalu tinggi. Dia khawatir akan terjadi lonjakan harga yang cukup signifikan ketika masuk minggu berikutnya.

Biasanya, lanjut Sumartii, harga kebutuhan pokok mengalami peningkatan lebih tinggi lagi kala pertengahan puasa. ”Mendekati Lebaran tambah mahal,” papar perempuan asal Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, ini.

Tidak hanya cabai yang mengalami kenaikan harga. Harga bumbu dapur lainnya juga diperkirakan melonjak. Misalnya, bawang merah dan bawang putih. ”Biasanya yang paling mahal ya cabai. Harganya bisa tembus Rp 60 ribu per kilogramnya,” katanya.



Pewarta: Rino Hayyu
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Bayu Eka