Harga Bahan Pangan di Batam Mulai Melonjak

JawaPos.com – Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 sekitar 19 hari lagi. Momen ini diiringi dengan melonjaknya sejumlah harga bahan pangan. Seperti terjadi di Pasar Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Keprli). Harga sejumlah komoditas pangan sudah merangkak naik sejak sekitar seminggu lalu.

Pedagang di Pasar Batu Merah Siti Aisyah, 20, mengatakan, kenaikan harga yang terjadi mulai mengkhawatirkan. Pasalnya, kenaikan harga beberapa komoditas pangan terjadi cukup tinggi.

Salah satunya cabe merah yang naik Rp 11.000 dari dari harga sebelumnya. Sekarang harga cabe merah di Pasar Batu Merah mencapai Rp39 ribu per kg. Padahal seminggu sebelumnya harganya di kisaran Rp28 ribu per kg. Demikian pula dengan harga bawang merah. Semula Rp20 ribu per kg, kini naik menjadi Rp35 ribu per kg.



Kemudian harga telur dalam beberapa bulan belakangan sempat mengalami kenaikan signifikan. Namun saat ini belum terlihat naik lagi. Hanya naik Rp 3.000 dari sebelumnya seharga Rp 38.000 menjadi Rp 41.000 per kg. “Sudah banyak yang mengeluh juga. Naiknya sudah tinggi,” kata Aisyah ketika ditemui di Pasar Batu Merah, Kamis (6/12).

Meski kenaikan yang terjadi cukup tinggi, Aisyah mengaku ketersediaan barang masih mudah didapat. Walau harganya mahal, warga masih bisa mendapatkan produk-produk pangan yang memang menjadi kebutuhan harian.

Terkait dengan kenaikan harga, Aisyah bersama pedagang lainnya tidak bisa berbuat apa-apa. “Kami ambil saja sudah tinggi, ya harus ikut naik juga,” ucap perempuan berhijab itu.

(bbi/JPC)