Hapus Rasa Penasaran

BANDUNG – Sejak bergabung dengan skuad Arema FC pada putaran kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu, Dedik Setiawan sudah empat kali bermain lawan Persib. Sayangnya, dalam empat laga itu, belum sekalipun dia mencetak gol ke gawang Maung Bandung.

Bahkan, dalam empat laga itu pula, Arema FC tak pernah sekalipun menang. Hasil terbaik lawan Persib adalah dua kali imbang. Keduanya terjadi di Stadion Kanjuruhan. Yakni 2-2 pada 15 April 2018 lalu, serta 0-0 pada 12 Agustus 2017.

Sedangkan dua laga lainnya yang digelar di Bandung, Arema FC selalu kalah. Yakni 0-2 pada 13 September 2018, dan 1-2 pada 18 Maret 2018. Laga yang disebut terakhir merupakan laga uji coba.

Sementara secara keseluruhan, Arema FC tidak pernah menang dalam tujuh pertemuan terakhir lawan Persib. Itulah yang membuat Dedik penasaran. Sore nanti, Arema FC bakal menghadapi Persib di Stadion Si Jalak Harupat. Ini merupakan laga leg pertama Babak 16 Besar Piala Indonesia.

Dia menyebut bahwa, dari sisi kualitas pemain, Arema FC dan Persib relatif berimbang. Namun, mental lah yang menjadi penentunya.



”Dulu kalau main naik Barakuda (Kendaraan Lapis Baja), bisa jadi mental sudah turun duluan, terus tekanan dari suporter cukup besar,” ungkap pemain asal Dampit itu.

Ya, sudah bukan rahasia lagi bila Arema punya sejarah rivalitas tinggi dengan Persib. Rivalitas itu merembet ke suporternya. Karena itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemain Arema FC biasanya harus diangkut dengan Barakuda ke stadion saat pertandingan.

Dedik mengaku banyak belajar dari pengalaman laga-laga sebelumnya. Dia pun sudah jauh lebih siap menghadapi tekanan suporter tuan rumah. ”Mungkin nanti juga sama (naik Barakuda dan dapat tekanan dadi suporter). Kami sudah menyiapkan mental untuk menghadapi itu semua,” kata mantan pemain Persekam Metro FC.

Dedik menyatakan, pelatih Arema FC Milomir Seslija selalu memberikan motivasi kepada pemain. Di antaranya agar selalu fokus selama pertandingan. ”Kami diminta untuk fokus. Dia memberikan kami semangat agar bermain dengan baik,” ujar pemain yang setia dengan nomor punggung 27 ini.

Dedik pun optimistis, timnya bisa meraih kemenangan lawan Persib. ”Kami pantang mundur, tak akan gentar dari tekanan,” tegas Dedik.

Pewarta               : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Darmono