Hanya Dihadiri 54 Senator, Paripurna DPD Batal Pilih Wakil Ketua

Oesman Sapta Odang (OSO)

JawaPos.com – Sidang paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang mengagendakan pemilihan wakil ketua DPD, Jumat (22/6) terpaksa harus ditunda. Pasalnya, sidang tidak memenuhi kuorum akibat masih banyak senator yang tidak hadir.

Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO) menjelaskan, dari 132 anggota senator, hanya 54 yang hadir di Sidang Paripurna pertama setelah libur lebaran tersebut.

“Karena mungkin masih suasana Idulfitri, dan masih banyak di daerah lantas kuorumnya tidak cukup. Sedangkan pengambilan keputusan harus cukup jumlahnya,” kata Oso di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (22/6).

Karena itu, OSO yang merupakan Senator asal Kalimantan Barat (Kalbar) itu mengambil keputusan untuk menunda sidang hingga 26 Juli 2018 mendatang. “Karena ini adalah hal yang prinsip sekali, jadi sesuai keinginan paripurna, sidang kita tunda,” jelas OSO.



Diketahui, Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) mengamanatkan penambahan satu kursi wakil ketua MPR, DPR dan DPR. MPR dan DPR sudah memilih dan melantik wakil ketua tambahan. Sedangkan DPD belum memilih wakil ketua tambahan.

(gwn/JPC)