Hanif dan Arthur Bisa Jadi Solusi

MALANG KOTA – Hanif Sjahbandi kini mendapatkan tugas baru di Arema FC. Jika biasanya dia hanya bermain untuk posisi gelandang, saat ini harus berpindah di posisi bek tengah. Hal tersebut karena absennya Hamka Hamzah sampai akhir musim, lantaran pemulihan cedera.

Semula, Hamka selalu mengisi bek tengah duet dengan Arthur Cunha. Hanif pun sudah diduetkan dengan Arthur saat Arema FC menjamu Kalteng Putra (1/12). Meski hasil akhir imbang 1-1, namun bisa dibilang pemain muda Arema itu cukup disiplin saat bermain.

”Saya kira duet Hanif dan Arthur cukup baik. Meski tidak sebagus kala masih ada Hamka,” ujar asisten pelatih Arema FC Kuncoro. Nilai bagus yang diberikannya menyusul mampunya kedua sosok itu berkoordinasi dengan pemain posisi lain untuk menggalang pertahanan.

Lalu, dijelaskan Kuncoro, baik Hanif dan Arthur kerap melakukan pengambilan keputusan secara baik. Entah itu saat harus duel satu lawan satu atau melakukan pertahanan secara bersama (compact defense).

Kendati secara overall bagus, menurut mantan pemain Persija Jakarta itu, kedua pemain tetap harus meningkatkan kemampuan di laga selanjutnya. Baginya ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dikerjakan duet Hanif dan Arthur untuk membuat duet mereka semakin solid.

”Mereka masih perlu pembenahan, seperti salah satunya terkait komunikasi,” ungkap mantan pemain Arema era Galatama itu. Tapi, dia melanjutkan, hal seperti itu merupakan sesuatu yang normal untuk pemain belakang.

Penampilan bagus keduanya, tidak hanya terjadi pada pertandingan menghadapi Kalteng Putra saja. Sebelumnya Hanif dan Arthur juga pernah berdampingan di jantung pertahanan Arema FC, ketika tim Singo Edan berhadapan dengan Persipura Jayapura (20/10) lalu.

Kuncoro menjelaskan, meski bagus duet Hanif dan Arthur, ternyata tidak mendapatkan garansi terus bermain di laga-laga sebelumnya. Diterangkan Kuncoro, untuk siapa yang mengisi starting eleven masih akan dipantau. ”Untuk peluang mereka kembali berduet, kami akan melihat situasinya terlebih dahulu saat latihan,” terang Kuncoro.

Sementara itu, saat ditanya terkait bermain bukan di posisi asli, Hanif mengaku bukan sebuah masalah di pos mana dia diturunkan ketika pertandingan. ”Apa pun posisinya saya dan teman-teman siap melaksanakannya,” ujar pemuda berusia 22 tahun itu. Hanif berjanji akan bekerja keras dengan tugas yang diberikan pelatih.

Pewarta : Galih Prasetya
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro