Hamka Kenakan ”Topeng” di Laga Hidup-Mati

MALANG KOTA – Pada laga terakhir, laga hidup-mati lawan Persita Tangerang, besok (13/3), pelatih Arema FC bisa kembali memainkan bek andalannya, Hamka Hamzah. Pemain bernomor punggung 23 itu sudah pulih dari cederanya.

Hamka pun sudah mengikuti sesi latihan bersama pemain lainnya, di Stadion Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), kemarin sore (11/3). Namun, ada yang berbeda dari penampilan Hamka kali ini.

Eks penggawa PSM Makassar itu mengenakan face mask (masker wajah). Tujuannya, untuk melindungi luka yang dia alami saat menghadapi Barito Putera. ”Ini (masker wajah) boleh digunakan saat main nanti,” kata Hamka di sela latihan.

Pemain yang sempat membela Sriwijaya FC musim lalu ini nampaknya sudah mengecek regulasi Piala Presiden. ”Sesuai aturan nomor empat, pelindung wajah yang berbahan lunak diperbolehkan,” lanjutnya.

Sejurus kemudian, Hamka melepas masker itu. Di depan awak media, dia menunjukkan bahwa pelindung wajah itu terbuat dari karet.



Hamka pun antusias turun di laga lawan Persita Tangerang. Sebab, timnya memang butuh sosok yang bisa mengangkat mental pemain di tengah lapangan. ”Ya jelas main nanti,” ungkap dia.

Dokter tim Arema FC dr Nanang Tri Wahyudi menambahkan, kondisi Hamka sudah semakin membaik. ”Tidak ada masalah, dia bisa main besok,” kata dia.

Nanang menyatakan, dari insiden laga lawan Barito Putera, Hamka mendapatkan 10 jahitan di bibir bagian luar, dan 9 jahitan di bibir bagian dalam. ”Lukanya sudah kering, nanti sore (kemarin) jahitannya akan dilepas,” ungkap dia.

Sebenarnya, Nanang melanjutkan, Hamka bisa bermain tanpa pelindung wajah. ”Namun, daripada nanti khawatir benturan lagi, lebih baik pakai face mask tidak apa-apa,” ungkap dia.

Soal kondisi fisik, dia menjelaskan, saat ini juga tidak ada masalah. Sebab, Hamka hanya tidak latihan selama lima hari. ”Kalau tidak latihan seminggu, kondisi fisik turun 5 sampai 10 persen,” ungkap dia.

Berbeda, Nanang melanjutkan, jika tidak latihan selama dua minggu berturut-turut kondisi fisik akan turun sampai 30 persen. Jika Hamka sudah bisa untuk turun, berbeda dengan Alfin Tuasalamony.

Bek kanan Arema FC itu masih menunggu penyembuhan pascaoperasi. ”Saya masih menunggu kabar Alfin. Sakitnya tidak berbahaya, hanya saja mengganggu,” pungkas dia.

Pewarta               : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          :  Aris Dwi Kuncoro