Halalbihalal Kunci Masuk Surga

TUMPANG – Halalbihalal merupakan salah satu bentuk silaturahmi yang membawa berkah. Seperti halnya silaturahmi, saling memaafkan adalah kunci untuk membuka pintu rezeki.

Pernyataan itu dilontarkan pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Az Zainy, Tumpang, Gus Zain Baik, dalam pengajian rutin bulanan, Jumat malam lalu (21/7). ”Halalbihalal merupakan kunci masuk surga. Bisa membuat kita berumur panjang pula,” ungkapnya di hadapan ribuan jamaah. ”Juga merupakan salah satu amalan yang paling mudah untuk dilakukan,” tambahnya.

Menurut Gus Zain, halalbihalal adalah amalan yang paling cepat mendapat pahala. ”Karena saat bertemu dengan saudara-saudara, secara otomatis kita akan menyambung silaturahmi yang putus dan saling mendoakan,” terangnya.

Gus Zain juga mengisahkan bahwa ada salah satu umat Nabi Daud yang telah ditetapkan wafatnya tinggal enam hari lagi, diundur selama 30 tahun berkat doa dari orang-orang yang dikunjunginya untuk bersilaturahmi.

Besarnya pahala dan banyaknya manfaat dari silaturahmi itulah yang membuat halalbihalal juga membantu umat muslim supaya cepat masuk surga.



Secara rinci dijelaskan, ada tiga hal lain yang bisa menjadi kunci bagi umat Nabi Muhammad SAW untuk masuk surga. Pertama, berlaku baik meskipun kepada orang yang jahat kepada kita. Kedua, menyayangi orang-orang yang menganiaya kita. Ketiga, bermurah hati kepada orang yang kikir kepada kita. ”Membalas kejahatan dengan kebaikan, secara otomatis pintu surga akan terbuka bagi hamba-Nya,” tukasnya.

Untuk diketahui, pengajian Jumat malam lalu merupakan edisi perdana setelah libur Lebaran. Mengusung tema halalbihalal, pengajian tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh di Malang Raya. Seperti Dandim 0818 Malang Letkol Arm Muridan, Wakil Wali Kota Malang Sutiaji, anggota DPR RI Nurhayati Ali Assegaf,  Kepala Kemenag Kabupaten Malang Imron, dr Haryadi, serta perwakilan dari Pertapaan Karmel Poncokusumo.

Pewarta: Bayu Eka & Farikh Fajarwati
Penyunting: Neny Fitrin
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Bayu Eka