Hai Penderita Diabetes Melitus, Hindari Makanan Ini Agar Tetap Sehat

KOTA MALANG – Angka pasien diabetes melitus di Kota Malang cukup tinggi. Menurut data dari Dinas Kesehatan, di tahun 2017 saja, pasien yang tertangani sebanyak 22.206 pasien diabetes dan itu tersebar di 16 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinkes Kota Malang.

Salah satu cara untuk menangani penyakit ini adalah rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Salah satu cara yang dianjurkan Dinkes Kota Malang adalah lewat diet dengan memakan makanan sehat yang takarannya disesuaikan.

dr. Dicky, Dokter Spesialis Dalam di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang menyebut bahan makanan juga harus diperhatikan bagi penderita diabetes.

“Karbo, Protein hewani dan nabati, sayuran, buah, dan minuman itu semua harus diatur,” ujar Dicky.

Untuk sumber karbohidrat, Dicky menyatakan harus membatasi semua jenis sumber karbohidrat. “Nasi, bubur, roti, mie, kentang, singkong, ubi, sagu, gandum, pasta, jagung makanan jenis itu kalau bisa harus dibatasi,” paparnya.



Sementara protein hewani yang dianjurkan adalah ayam tanpa kulit, ikan, telur rendah kolesterol, dan daging tidak berlemak. Yang harus dihindari adalah keju, abon, dendeng, susu fullcream.

“Sedangkan untuk protein nabati, hampir semua dianjurkan seperti tempe, tahu, dan segala jenis kacang kacangan,” tukasnya.

Dari sayuran, dokter ini menganjurkan memilih sayuran yang tinggi serat seperti kangkung, daun kacang, ketimun, tomat, labu air, kembang kol, lobak, sawi, selada, seledri, terong.

“Untuk buah sebisa mungkin hindari buah yang manis dan diawetkan, seperti durian, nangka, alpukat, kurma, dan manisan,” papar Dia.

Lebih baik hindari juga minuman yang mengandung alkohol, susu kental manis soft drink, es krim, dan yogurt.

“Perlu dibatasi juga makanan yang digoreng, dan menggunakan santan kental, kecap, saus tiram, dan yang wajib bagi penderita diabetes hindari tentunya segala jenis gula,” urainya.

Makanan dan minuman yang manis hingga cake, kue yang mengandung gula, dodol, sirup, selai manis, coklat, permen, tape hingga mayonaise juga jadi makanan pantangan bagi penderita diabetes.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Doli Siregar – Radar Malang
Penyunting : Fia