Hafizh Syahrin Pantas Bikin Indonesia Iri

Hafizh Syahrin Pantas Bikin Indonesia Iri - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, BURIRAM – Kali ini Malaysia boleh sedikit berbangga dan membuat Indonesia iri. Rider mereka, Hafizh Syahrin dipastikan bakal turun di kelas para raja MotoGP satu musim penuh tahun ini bersama Tec3-Yamaha. Dia menorehkan rekor sebagai pembalap Asia Tenggara pertama yang membalap di MotoGP.

Kepastian tersebut didapat langsung dari Bos Tech 3 Herve Poncharal. Kesempatan emas itu didapat setelah pembalap 23 tahun tersebut tampil cukup impresif pada uji coba pramusim di Sirkuit Buriram, Thailand pekan lalu.

Hafizh finis di urutan 21 secara keseluruhan di atas pembalap tim Angel Nieto, Karel Abraham, dan Xavier Simeon (Avintia-Ducati). Yang paling mengejutkan adalah catatan waktu terbaiknya hanya berselisih 1,7 detik dari rider tercepat Daniel Pedrosa (Repsol Honda).

Catatan waktunya juga selalu membaik. Di hari terakhir, Hafizh sudah lebih cepat 1,6 detik dibandingkan waktu terbaiknya di hari pertama uji coba. ”Dia melakukan pekerjaan yang bagus. Saya kagum! Apalagi dia sosok yang sangat rendah hati di luar trek,” puji Poncharal.

Setelah berdiskusi intensif dengan para sponsor, lanjutnya, Tech 3 dan Yamaha sepakat untuk menyerahkan motor yang seharusnya ditunggangi Jonas Folger itu kepada Hafizh. Folger sendiri memutuskan mundur dari MotoGP setelah kesehatannya tak juga membaik pasca menderita Gilbert Syndrome.

Hafizh masih punya waktu tiga hari lagi untuk beradaptasi dengan Yamaha YZR-M1 2017, motor peninggalan Valentino Rossi dan Maverick Vinales tahun lalu. Yakni uji coba para musim terakhir di Qatar 1-3 Maret mendatang.

Hafizh sendiri mengatakan, mengendarai motor MotoGP seperti berada di dunia berbeda dibandingkan dengan Moto2.

Meski begitu, dia tak bisa memungkiri jika YZR-M1 langsung membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama.