Di TK Darul Aqsa, Hafal Juz 30 Dulu Baru Lulus

JUNREJO – Usia TK ini baru dua tahun. Tepatnya berdiri tahun 2016 lalu. Namun, kurikulum yang diterapkan patut diapresiasi. Sebab, setiap siswa TK yang ingin lulus harus hafal Alquran juz 30 dulu. Itulah yang diungkapkan Ketua Yayasan Darul Aqsa Supriyadi saat mewisuda 15 siswanya.

Dalam prosesi wisuda tersebut, para siswa diharuskan menunjukkan kemampuannya di depan wali murid. Di antaranya, bernyanyi dan membaca ayatayat suci Alquran. ”Ini baru lulusan pertama dari TK Darul Aqsa,” kata Supriyadi.

Dia menambahkan, TK ini didirikan karena selama ini warga Jalan Sumber Darmi, Desa Tlekung, terlalu jauh untuk mengantarkan anaknya sekolah ke daerah Oro-Oro Ombo.

”Sebelum ada TK ini, biasanya sekolahnya ke daerah Oro-Oro Ombo,” sambungnaya. Selain itu, sistem pembelajaran di TK Al Aqsa juga menerapkan ekstrakurikuler.

Dari Senin sampai Jumat siswa-siswi mendapatkan pelajaran seperti biasanya. Namun, ada tambahan gizi berupa makanan dari yayasan ketika hari Jumat. Sabtunya, baru dilaksanakan ekstrakurikuler. Bahkan, setiap lulusan selanjutnya (periode II) diwajibkan hafal Alquran juz 30.

”Ada kegiatan ekstrakurikuler angklung dan program tahfiz. Menghafal juz 30,” ujar Supriyadi.

Dia melanjutkan, untuk lulusan tahun 2018, kewajiban harus hafal juz 30 belum diterapkan. Syarat kelulusannya cukup menghafal 18 surat di juz 30. Tapi, mulai tahun depan, siswa yang akan diwisuda wajib hafal juz 30.

”Rencananya, nanti juga akan ada ekstrakurikuler drumd band,” pungkasnya.

Pewarta: Ali Afifi
Penyunting: Arief Rohman
Copy editor: Abdul Muntholib
Foto: Darmono