Hadapi Persita, Milo Siapkan Kartu Truf

MALANG KOTA – Robert Lima Guimares-Dedik Setiawan mungkin akan menjadi starter pada laga melawan Persita Tangerang besok (26/1). Tapi, andaikan duet itu menghadapi kebuntuan, pelatih Arema FC Milomir Seslija sudah punya alternatif penggantinya.

Salah satunya Rivaldi Bawuo. Eks striker Kalteng Putra itu tampaknya disiapkan Milo menjadi ”kartu truf”.

Seperti yang terlihat pada saat tim berlatih di lapangan Futsal Tidar Rabu (23/1). Ipay–sapaan akrab Rivaldi– berlatih khusus bersama Pavel Smolyachenko. Ada tambahan latihan sendiri untuk mereka.

Pavel diminta menggiring bola, lalu diumpankan ke Ipay. Bahkan, Milo sendiri yang memberikan contoh gerakan kepada dua pemain itu.

Gerakan diulang beberapa kali sampai mereka berdua paham. ”Kami tambah sedikit latihan untuk Rivaldi,” kata Milo usai latihan.

Dia menyatakan, ada skema serangan yang paling pas dilakukan Rivaldi dan Pavel. Keduanya punya skill yang dibutuhkan. Pavel dengan umpan akuratnya, sementara Rivaldi bisa berlari cepat.

”Saya tahu Rivaldi itu fantastis. Dia punya teknik dan kecepatan,” ungkap pelatih berusia 54 tahun itu.

Meski begitu, tetap saja, ada yang harus dibenahi Rivaldi. Milo menilai, Ipay harus menambah massa ototnya. ”Badan memang harus dikembangkan. Ini tipikal pemain Indonesia. Mereka harus menguatkan otot. Kalau tidak, akan kalah,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Pavel, Milo melanjutkan, tidak ada masalah. Kerja sama keduanya akan sangat membantu Arema FC ketika menghadapi tim mana pun. ”Saya hanya ingin pemain lebih baik. Nanti skill individual akan saya latih,” ungkap pelatih yang mengantongi lisensi kepelatihan UEFA Pro itu.

Selain Ipay dan Pavel, sebelumnya Dedik Setiawan juga mendapatkan tambahan materi latihan. Itu terjadi, saat shooting yang dilakukan Dedik melambung jauh di atas gawang.

Milo langsung men-drill sendiri. Pemain asal Dampit itu diminta latihan shooting sampai on target. ”Ya, beberapa orang pasti malu kalau dibilang dia tidak bagus. Jadi, saya bicara individual. Mereka tahu saya ingin membantu. Setiap orang tidak ada yang perfect, itu pekerjaan saya untuk membuat mereka lebih bagus,” tandas Milo.  

Pewarta               : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor          : Dwi Lindawati
Penyunting           : Indra Mufarendra
Fotografer            : Darmono