Hacker Nakal Kembali Retas Website OPD di Pemkab Malang

MALANG – Hacker berulah lagi. Setelah Juli 2018 kemarin sempat meretas beberapa website milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Kabupaten Malang kini mereka muncul kembali.

Hampir seluruh website milik OPD di Kabupaten Malang lumpuh sejak seminggu ini. Hal ini dibenarkan Ferry Hari Agung, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Kamis, (27/12).

Kepada radarmalang.id, Ferry menyebut hacker memang beberapa kali sempat meretas website milik pemerintah, terakhir pada pada Juli tahun ini.

“Kemarin sudah di hack totalnya 41 website milik OPD dan sudah kita perbaiki 30 website,” tambah Dia.

Belum berakhir, para hacker ini rasanya tidak kapok meretas website milik pemerintah. Pada Kamis, (27/12) ini, menurut pantauan radarmalang.id, bertambah 53 website kembali kena retas.



“Kominfo akan perbaiki lagi, karena website OPD ini penting untuk informasi ke masyarakat agar mereka tahu kegiatan dan layanan OPD,” tukas pria yang juga bertugas sebagai Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang ini.

Namun anehnya, website resmi milik Kabupaten Malang di malangkab.go.id justru aman. “Dari pantauan kami, beberapa website beberapa kelurahan juga aman, yang kena target hanya website dinas dinas,” tandasnya

Ferry mengaku akan terus memperbaiki dan mencari lubang dan bug di dalamnya. Namun disinggung soal apakah akan melaporkan kejadian ini kepada polisi, ia mengaku masih belum melakukannya.

“Kalau soal lapor, kita masih belum, masih akan kita coba perbaiki saja, namun yang pasti semoga bisa cepat selesai karena website ini untuk kebutuhan penting masyarakat,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido