H+4 Diprediksi Terjadi Peningakatan Arus Balik

JawaPos.com – Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Dishub Pemprov Sumsel) memprediksi, arus balik pasca tahun baru mulai meningkat pada H+3 dan H+4. Peningkatan ini, terjadi lantaran sekolah mulai beraktivitas pada tanggal 7 Januari mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Nelson Firdaus mengatakan, saat ini pihaknya belum memantau adanya peningkatan arus balik. Baik dari Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) atau Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Berdasarkan data, terlihat penurunan angkutan terjadi sejak 28 Desember lalu hingga H+1 Tahun Baru 2019. Meskipun begitu, ia mengaku, tahun ini sudah beberapa penumpang baik datang maupun berangkat menggunakan jalur darat.



“Jumlahnya masih sedikit, bahkan lebih sedikit dibandingkan kemarin,” katanya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (1/1).

Ia memprediksi, peningkatan arus balik ini mulai terjadi pada H+3 dan H+4 atau tepatnya hari Jumat (4/1) mendatang. Prediksi itu dikarenakan pada tanggal 7 Januari mendatang aktivitas sekolah mulai dilakukan.

Peningkatan arus balik ini juga bertepatan dengan ditutupnya posko angkutan natal dan tahun baru Sumsel. “Kami harap kondisi arus balik ini berjalan lancar dan aman baik angkutan darat, udara maupun laut,” harapnya.

Nelson juga mengimbau, agar masyarakat yang ingin balik tetap berhati-hati terutama yang membawa kendaraannya sendiri. Ia mengingatkan, jangan terlalu memaksakan diri jika dirasakan ngantuk dan lain sebagainya. Karena, akan berdampak pada pengendaraan itu sendiri.

“Jika ngantuk istirahat dulu. Selain itu, kami imbau untuk mengecek kesiapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan panjang,” tutupnya.

Untuk diketahui, sejak Kamis hingga Senin kemarin, bus AKAP yang melintas di Terminal Alang-Alang tercatat sebanyak 53 bus dengan total penumpang 1.575 orang.

Sedangkan AKDP, sejak Kamis hingga Senin kemarin total bus yang melintas di Terminal Alang-Alang totalnya 33 bus. Total penumpang yang diangkut sebanyak 222 orang.

(lim/JPC)