Guyonan April Mop Bandara Pakistan Dikira Benar 

Di Hajatan Golkar, Luhut Kembali Bicara soal Pengibulan - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, JAKARTA – Guyonan yang dibuat saat April Mop 2017 soal bandara baru di Islamabad, Pakistan, yang diberi nama Xi Jinping ternyata membuat sejumlah orang di Indonesia percaya. 

Mereka percaya bahwa itu sebuah kebenaran. Termasuk Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Kepada sejumlah media, Luhut pernah menyayangkan sejumlah masyarakat di Indonesia yang menilai negatif kerja sama pembangunan proyek infrastruktur antara pemerintah Indonesia dan Tiongkok. 

Dia lantas mencontohkan pemerintah Pakistan yang sampai berani mengorbankan nama proyeknya dengan brand Tiongkok. Misalnya, bandara baru di Islamabad yang diberi nama Xi Jinping Airport.

Menurut Luhut, hal itu dilakukan Pakistan sebagai bentuk strategi bisnis. Sebab, pemerintah Pakistan tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pembangunannya. Apalagi bandara tersebut tetap milik Pakistan dan 10 tahun mendatang namanya bisa diubah lagi.

”Biarin aja namanya yang penting ini milik kita. Nanti kan 10 tahun milik kita lalu ganti nama. Ini Pakistan. Kita belum ada apa-apa sudah ramai,” kata Luhut sebagaimana dikutip dari RADAR MALANG ONLINE, Kamis 1 Februari 2018.

Bukan hanya RADAR MALANG ONLINE. Sejumlah media mainstream lainnya memberitakan hal yang sama. Bahkan, ada media yang menyebutkan, cerita soal penamaan bandara Xi Jinping itu didapat Luhut dari Presiden Joko Widodo.

Eh, beberapa bulan setelah berita itu muncul di sejumlah media, ternyata banyak netizen yang membongkar fakta sebenarnya. Kabar soal penamaan bandara Xi Jinping di Islamabad tersebut hanya bagian dari April Mop.