JawaPos.com- KH Mustofa Bisri atau Gus Mus turut menghadiri puncak Haul ke-9 Gus Dur yang dipusatkan di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu malam (23/2). Tak hanya sekadar hadir, sahabat Gus Dur itu juga memberikan sambutan di depan ribuan Gusdurian yang memadati venue. Dalam sambutannya, Gus Mus sempat menyinggung mengenai Pemilu 2019 yang berlangsung 17 April mendatang.

Menurutnya, gelaran pemilu menjadi hal yang wajar dan selalu berulang setiap lima tahun sekali. Pemilu tidak hanya diadakan di Indonesia saja. Melainkan juga di berbagai negara di dunia.

“Sekarang Pemilu lima tahunan aja dianggap akbar,” ungkapnya di hadapan ribuan peserta.

Tidak hanya itu, menurutnya pesta demokrasi saat ini juga turut membawa-bawa nama Allah. Bahkan ada yang sampai ketakutan akan kalah dalam pemilu hingga mengancam Tuhan.”Karena takut kalah terus mengancam Gusti Allah. Pemilu jangan ajak-ajak Gusti Allah, Allahuakbar kok dinggo tukaran (dipakai bertengkar),” ucapnya disambut gelak tawa peserta.

Selain Gus Mus, Haul ke -9 Gus Dur itu juga dihadiri oleh putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid; ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi) ,Sudjiatmi Notomiharjo; Ketua Suluh Kebangsaan Mahfud MD; Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, dan juga para pejabat lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Yenny mengaku cukup terharu dengan besarnya antusiasme warga yang ikut menghadiri Haul ke -9 Gus Dur.

“Saya tadi sangat terharu melihat keikhlasan peserta yang hadir,” ucapnya

Editor           : Dida Tenola

Reporter      : Ari Purnomo