Guru Olahraga Antusias Belajar Woodball

Sejumlah guru olahraga saat bermain woodball di lapangan Taman Gayam kemarin (12/5).

MALANG KOTA – Indonesia Woodball Association (IWbA) Kota Malang terus berjuang memperkenalkan olahraga woodball. Kemarin (12/5) di lapangan Taman Gayam, Kota Malang, olahraga asal Taiwan ini disosialisasikan kepada 72 guru olahraga SD dan SMP se-Kota Malang.

Ketua IWbA Kota Malang Suhartono mengungkapkan, pembekalan teori dan praktik olahraga woodball ini kali pertama diperkenalkan secara khusus kepada pihak sekolah-sekolah.

”Jadi, pertemuan ini juga tahap pertama. Yaitu, berupa sosialisasi di tingkat pendidikan,” ucap Hartono kemarin.

Dia bersyukur hal ini disambut positif musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) olahraga. Ini ditandai dengan banyaknya guru yang hadir. ”Undangan kami sebar 40, tapi yang datang mencapai 72 orang. Tentu saya sangat senang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, guru-guru yang diajak adalah guru tingkat SD dan SMP karena dia berharap mereka bisa membina atlet-atlet sejak dini. ”Bukannya membedakan, tapi jarak kematangan atlet jauh lebih panjang untuk pelajar di usia SD atau SMP,” terangnya.



Dia berharap, guru-guru tersebut bisa mengajarkan ilmu mengenai olahraga woodball terhadap siswa-siswinya. Namun, dia belum tahu apakah itu akan dimasukkan ke dalam kurikulum olahraga atau tidak.

”Kami memang di-support dari Diknas Kota Malang, sekda, dan dandim. Tapi, kami belum tahu apakah nanti itu menjadi kurikulum,” imbuhnya. Dia hanya berharap, paling tidak olahraga woodball semakin dikenal di Kota Malang.

Sementara itu, Ketua IWbA Provinsi Jawa Timur Raymond Hatigoran Matondang menyambut positif hal tersebut. ”Sebenarnya olahraga ini sudah lama. Tapi, kami ingin mulai memperkenalkannya di Kota Malang,” terangnya.

Dia menjelaskan, banyak atlet dari Kota Malang yang berprestasi di tingkat provinsi. ”Karena itu, dengan ini kami ingin ada yang berprestasi di tingkat nasional,” tandasnya.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Gigih Mazda