Gunakan Kursi, Hindari Stres dengan 7 Posisi Yoga Sederhana di Kantor | JawaPos.com

Gunakan Kursi, Hindari Stres dengan 7 Posisi Yoga Sederhana di Kantor | JawaPos.com

JawaPos.com – Masalah leher kaku, badan pegal linu, dan sakit punggung umum dialami oleh banyak pekerja kantoran yang harus duduk lama di depan komputer. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, ada gerakan sederhana yoga yang bisa dilakukan untuk melemaskan otot. Bahkan, tidak perlu beranjak dari kursi.

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Senin (9/4), ada beberapa pilihan pose yang bisa dilakukan di kantor sambil duduk di kursi. Tak hanya di kantor, yoga sederhana ini pun bisa dilakukan ketika di rumah. Bagaimana caranya?

1. Raised hands pose

Ilustrasi yoga yang bisa dilakukan dengan posisi duduk di kursi (hello sehat)

Pose yoga sambil duduk pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah duduk dengan posisi tulang belakang tegak lurus serta tangan diarahkan lurus ke atas dan terbuka lebar. Lakukan hal ini sembari menarik napas dalam-dalam, kemudian embuskan. Saat mengembuskan napas, bawa tubuh ke belakang dengan sedikit menekuk punggung dan dada bagian atas mengikuti bentuk kursi. Tahan gerakan ini selama beberapa detik, lalu perlahan lepaskan tangan di sisi samping tubuh.



2. Twist pose

Masih dengan posisi duduk di kursi dan punggung tegak lurus. Mulai dengan ambil dan buang napas, kemudian letakkan kedua tangan pada pegangan kursi dan mulailah memutar tubuh secara bergantian ke sisi kanan dan kiri perlahan-lahan. Cara ini bisa membantu meredakan sakit pinggung akibat terlalu lama duduk dan membungkuk.

3. Wrist release pose

Seorang pekerja kantoran menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetik di depan komputer, maka sesekali pergelangan tangan dan lengan butuh peregangan. Luangkan waktu sejenak untuk membengkokkan kedua pergelangan tangan ke segala arah.

Pertama, arahkan tangan kanan ke belakang dengan menekan ujung-ujung jari menggunakan tangan kiri, tahan selama beberapa detik. Lakukan hal yang sama secara bergantian pada tangan kiri dengan menekannya menggunakan tangan kanan.

Kedua, letakkan kedua tangan terbuka ke arah atas kemudian goyangkan kedua pergelangan tangan dengan cepat ke arah samping, atas, dan bawah. Hal ini akan melepaskan ketegangan pada kedua tangan.

4. Side angle pose

Tetap dalam posisi duduk dengan kedua kaki menyentuh lantai. Lalu bawa ujung jari tangan kanan ke lantai dan letakkan di samping kaki, dengan posisi tangan kiri dibiarkan lurus ke atas. Tarik napas panjang saat mulai memiringkan badan dan meletakkan tangan kanan ke bawah, lalu tahan selama beberapa detik.

Lakukan hal yang sama secara bergantian, dengan tangan kiri diletakkan di kaki dan tangan kanan tegak lurus ke atas.

5. Warrior pose

Sekarang, ubah posisi duduk dari yang sebelumnya lurus menjadi arah menyamping. Lakukan pada posisi menyamping ke arah kanan dengan kaki kanan berada di depan badan, sementara kaki kiri berada di belakang dengan posisi diluruskan.

Letakkan kedua tangan di samping badan dengan posisi terbuka lebar, barengi dengan pengambilan napas panjang. Kemudian angkat tangan lurus ke atas sembari membuang napas secara perlahan. Lakukan gerakan ini berulang dan secara bergantian dengan posisi kaki kiri di depan.

6. Desk shoulder opener pose

Seperti namanya, pose yoga sambil duduk lainnya bisa dilakukan seolah-olah seperti sedang membuka laci. Caranya, geser kursi ke belakang menjauhi meja dan pastikan hanya kedua tangan yang bisa mencapai laci meja.

Luruskan kedua lengan yang terbuka hingga menyentuh laci, kemudian jatuhkan kepala di antara kedua lengan guna mencapai peregangan bahu yang baik. Fungsi gerakan ini untuk memberikan peregangan setelah terlalu lama duduk tegak di kursi, serta untuk mengembalikan bahu ke arah yang benar.

7. Relaksasi: savana pose

Setelah semuanya selesai, tutup mata, duduk tegak, posisi kaki tetap menyentuh lantai, dan letakkan tangan di pangkuan. Tahan posisi ini selama beberapa detik sembari menikmati prosesnya. Posisi savana ini akan membantu tubuh untuk menyerap semua manfaat baik dari semua pose yoga yang telah dilakukan sebelumnya.

(ika/ce1/JPC)