Gumregah, Cara Seniman Beri Semangat ke Anggota DPRD Kota Malang

KOTA MALANG – Gedung lantai 1 DPRD kota Malang mulai hari ini Minggu (17/11) hingga 24 November mendatang disulap menjadi galeri pameran berbagai karya seni dari komunitas Affiliasi Malang Suko Art (AMSA) bertema ‘Gummregah’. Terlihat ratusan lukisan dipamerkan dan ditata secara rapi. Mulai dari pintu masuk DPRD dan juga mengelilingi kolam dewan.

Ketua Panitia Pameran, Sudibyo mengatakan, gumregah berarti semangat. Tema ini diambil sebagai penyemangat untuk anggota Dewan yang sempat terpuruk.

“Dewan kan kemarin sempat ada masalah yang korupsi itu. lukisan temanya adalah memberikan gumregah bagi dewan yang baru agar semangat mengabdi untuk rakyat dan juga tak melakukan hal yang sama (korupsi),” tutur Dibyo.

Ia pun mencontohkan tema “Gumregah” itu seperti hasil karya lukisannya berjudul “Waspada”. Dalam lukisan berwarna monokrom itu nampak sejumlah wanita bertelanjang dada dan juga lelaki yang nampak murung.

“Itu menyimbolkan bahwa jangan sampai tergoda anggota dewan untuk melakukan keburukan nafsu. Nanti bisa terjerambab pada keburukan. Makannya judulnya ini ‘Waspada’,” tuturnya.

Dibyo menuturkan, tak sekadar dipamerkan, lukisan-lukisan tersebut juga dijual untuk umum. sehingga jika ada pengunjung yang ingin membawa pulang karya yang diminati, bisa membelinya dengan kisaran harga antara Rp 100 ribu hingga Rp 10 juta jika ada pengunjung yang tertarik untuk memiliki.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mengaku senang dengan hadirnya pameran ini di gedung dewan.

“Memang semangat kami untuk masyarakat. Buktinya ini kami sediakan tempat dan memberikan fasilitas semuanya kami bantu. Harapannya nanti gedung dewan ini bisa bermanfaat bagi warga Kota Malang. Buat acara apa saja kami terbuka,” pungkasnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia