Green School Festival Jadi Penguat Pendidikan Karakter

MALANG KOTA – Tuntas sudah gelaran Green School Festival (GSF) yang sudah berjalan sejak tahapan sosialisasi pada 30 Agustus lalu. Berakhirnya ajang yang dihelat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang itu ditandai dengan penyerahan penghargaan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu lalu (25/11).

GSF menghasilkan 30 pemenang dari 12 kategori. Di antaranya, SMPN 8 (juara 1 non-Adiwiyata SMP), SMPN 14 (juara 1 Adiwiyata SMP), SDN Sawojajar 5 (juara 1 Adiwiyata SD), dan SDN Kauman I (juara 1 Adiwiyata SD).

Wali Kota Malang Moch. Anton pun mengapresiasi gelaran GSF 2017. Dia melihat ada progres yang terjadi setiap tahun. Banyak sekolah yang membenahi kualitas infrastruktur, juga sumber daya manusianya setelah mengikuti GSF. Dia berharap, tahun depan, kualitas dan kuantitas peserta GSF lebih meningkat.

Sementara itu, dra Zubaidah MM, kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, menyatakan, GSF memberikan dampak pada penguatan pendidikan karakter siswa. Salah satu poinnya adalah siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.


Itu tidak hanya terlihat dari sekolah-sekolah yang masuk daftar pemenang. Namun, juga sekolah yang belum menjadi juara. ”Semuanya ikut berbenah. Sekolah-sekolah berusaha agar tampak bersih dan indah. Meski belum juara, mereka berusaha melakukan yang terbaik untuk meraih juara ke depannya,” ungkapnya.

Pewarta: Tabita Makitan & NR3
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Rubianto